Dua Festival Budaya Akan Digelar di Banda | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dua Festival Budaya Akan Digelar di Banda

BERITA MALUKU. Dua festival budaya bakal digelar di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), antara lain, festival belang tradisional dan festival cakalele Banda (Sia Male). 

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 November 2015 mendatang, dan diikuti delapan kelompok peserta.

“Tanggal 25 November mendatang kita akan adakan festifal budaya. Ada dua materi yang kita tampilkan dalam kegiatan, yakni festifal belang tradisional dan tari cakalele Banda, dimana diikuti delapan kelompok,” kata Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Ambon, Stevanus Tiweri kepada Berita Maluku Online, Selasa (17/11/2015).

Untuk festival kebudayaan ini, Tiweri mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai hal termasuk kesiapannya untuk menyukseskan kegiatan itu. Bahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku untuk mendukungnya.

Gubernur Maluku, Said Assagaff juga bakal diundang untuk menghadiri festival yang juga akan diramaikan dengan atraksi budaya setempat.

Menurut Tiweri, kegiatan festival budaya ini dilakukan semata-mata untuk melestarikan budaya daerah, sekaligus menarik para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara berkunjung ke daerah ini.

"Ini dilakukan bukan tanpa alasan, mengingat sejak dahulu kala Pulau Banda sudah dikenal luas di seantero dunia sebagai daerah penghasil cengkih dan pala, dimana telah banyak menarik kolonial dan bangsa-bangsa luar berdatangan ke Maluku sehingga menyisahkan banyak cerita dengan berbagai tinggalan-tinggalan sejarah masa lampau," katanya.
Kebudayaan 2537632885683379906

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang