Dubes Amerika Kunjungi Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dubes Amerika Kunjungi Maluku

BERITA MALUKU. Gubernur Maluku, Said Assagaff mengapresiasi kunjungan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake ke Maluku selama empat hari, 4-7 September 2015.

"Kunjungan ini strategis karena Dubes Robert bisa menyaksikan kondisi sebenarnya dari stabilitas keamanan di Maluku dan sekembalinya ke Jakarta bisa melaporkannya ke pemerintah AS agar tidak tergesa - gesa mengeluarkan peringatan bepergian (travel waring) untuk warganya mengunjungi daerah ini," kata Gubernur, di Ambon, Jumat (4/9/2015).

Apalagi, Maluku ini terdiri dari sembilan Kabupaten dan dua Kota memiliki 1.191 desa/kelurahan dengan wilayahnya tersebar di 1.340 buah pulau.

"Jadi sekiranya ada insiden mengarah tindakan kriminal murni karena perkelahian antarwarga, maka tidak berimbas untuk Maluku secara umum. Apalagi, jalinan keharmonisan hidup orang basudara (saudara) saat ini dipelihara baik dan tidak ingin mengulangi 'tragedi kemanusiaan' pada 1999," ujarnya.

Karena itu, Gubernur memandang perlu menyakinkan Dubes AS bahwa keamanan di Maluku saat ini terpelihara stabilitas dengan aparat keamanan intensif melakukan sosialisasi agar masing - masing menerapkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

"Saya akan meyakinkan Dubes AS bahwa pemerintahnya mengeluarkan travel warning, tapi warganya tetap berkunjung ke Maluku karena terjamin keselamatan mereka dan itu dibuktikan sendiri," katanya.

Warga AS berkunjung ke Maluku tidak semata untuk berwisata, tapi juga bisnis, penelitian, kegiatan kemanusiaan dan lainnya.

"Saya menjamin warga AS maupun asing lainnya silahkan berkunjung ke Maluku, terutama Kota Ambon sebagai barometer keamanan di Provinsi ini tidak dijambret atau dicopet," tegas Gubernur.

Dubes Robert selama kunjungan empat hari dijadwalkan bertemu Gubernur Said maupun Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, pertemuan dengan civitas akademika Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon dan mengunjungi objek wisata Ora di pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah.

Selain itu, menghadiri perayaan Jubelium 80 tahun Gereja Protestan Maluku (GPM) pada 6 September 2015 maupun peringatan HUT Kota Ambon ke- 440 pada 7 September 2015 serta meninjau Masjid Jami, Kota Ambon. (Ant/bm 01)
Headline 4284609007647817537

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang