Terkait Dugaan Korupsi, Pemprov dan PT. BM Didesak Kerjasama dengan Pansus | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Terkait Dugaan Korupsi, Pemprov dan PT. BM Didesak Kerjasama dengan Pansus

BERITA MALUKU. Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DPRD Maluku mendesak pemerintah provinsi (Pemprov) setempat bersama PT. Bank Maluku(BM) bekerjasama dengan panitia khusus (Pansus)BUMD tersebut dalam memberikan informasi dan klarifikasi guna kelancaran penyelidikan agar tuntas mengungkapkan dugaan korupsi.

"Penyelidikan yang dilakukan Pansus terhadap PT. BM terkait persoalan penyerahan obligasi BUMD ke pihak ketiga yang berakibat terjadi indikasi kerugian sebesar Rp263 miliar," kata Ketua F-Partai Nasdem DPRD setempat, Abdullah Marasabessy di Ambon, Jumat (28/8/2015).

Selain itu, masih ada kasus lainnya yang akan ditelusuri Pansus PT. BM bentukan DPRD Maluku berupa dugaan penggelembungan (mark up) anggaran pembelian sebuah bangunan untuk dijadikan kantor PT. Bank Maluku Cabang Surabaya (Jatim) senilai Rp50 miliar.

Kasus penyerahan obligasi kepada pihak ketiga yang dikenal dengan skandal repo Bank Maluku saat ini sedang ditangani penyidik Bareskrim Mabes Polri.

Sedangkan dugaan penggelembungan anggaran pembelian gedung untuk dijadikan kantor cabang di Surabaya sementara ditangani pihak Kejaksaan Tinggi Maluku.

Namun DPRD provinsi tetap membentuk Pansus PT. BM dan membaginya dalam dua tim, yakni untuk menangani kasus repo maupun pembelian gedung untuk kantor cabang Surabaya.

Menurut Abdullah, kerja Pansus akan lebih lancar dan cepat terselesaikan bila ada kerjasama yang baik dari pemprov Maluku selaku pemilik saham dengan pihak BM sendiri.

Apalagi pembentukan Pansus ini bertujuan untuk mencari berbagai persoalan yang terjadi sekaligus merekomendasikan perbaikan kinerja manajemen PT. BM.

"Desakan ini juga telah kami sampaikan secara resmi dalam rapat paripurna dewan dengan agenda penyampaian kata akhir fraksi terhadap LPJ Gubernur Maluku tahun 2014," akui Abdullah. (Ant/bm 01)   
Hukrim 2685938332694566000

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang