Puluhan Sapi Malut Dijual ke Bitung | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Puluhan Sapi Malut Dijual ke Bitung

BERITA MALUKU. Balai Karantina Ternate, Maluku Utara (Malut) mencatat, sebanyak 20 ekor sapi dari Malut dijual ke Bitung, Sulawesi Utara, menyusul tingginya kebutuhan daging sapi di daerah lain.

"Ada sapi yang di bawa dari Halmahera Timur (Haltim) menuju ke Bitung, sehingga harus dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan dari UPT Keswan Kecamatan Wasile Selatan," kata Seksi Penanganan Hewan, Balai Karantina Ternate, Rahman di Ternate, Minggu (30/8/2015). 

Dia mengatakan, sapi yang di bawa keluar Malut ini tidak berdampak pada kenaikan harga maka tidak masalah, meskipun baru pertamakalinya dan seharusnya ada kerjasama antar-provinsi agar nanti saat stok mengalami kekurangan, bisa didistribusikan.

Balai Karantina mengakui bahwa adanya sapi yang di bawa ke luar Malut proses pengiriman ini terjadi begitu saja, Balai Karantina hanya melakukan pemeriksaan kesehatan jika kesehatannya baik maka pengiriman akan berjalan lancar.

Sementara itu, sebelumnya pedagang daging sapi di Ternate, mengkhawatirkan adanya upaya untuk membawa daging sapi asal Malut dijual ke daerah lain, menyusul tingginya harga daging sapi tersebut.

Ketua Penjual Daging Kota Ternate, Abdul Husen ketika dihubungi mengatakan, ada daging sapi yang hendak dibawa ke Sulawesi melalui jasa Fery, sehingga pemerintah setempat diminta untuk mengantisipasi hal ini, menyusul terjadinya gejolak terhadap persoalan harga daging Sapi.

Oleh karena itu, pihaknya sangat membutuhkan stok daging sapi untuk dijual di Ternate, apalagi saat ini, selama satu bulan lebih pascanaiknya harga daging sapi yang kian melonjak pada tingkat nasional.

Daging sapi dibawa melalui jalur Sidangoli kepelabuhan Feri dan feri langsung berangkat dan kalau dari Subaim bawaanya ke Papua dan itu diminta kepada pemerintah Provinsi khususnya agar tolong mengontrol persoalan ini karena dikhawatirkan terjadi berbagai masalah ke depan.

Husen menambahkan, dengan adanya sapi dijual keluar dari Malut, sudah seharusnya menjadi tanggung jawab para pemerintah provinsi agar hal semacam ini tidak terjadi lagi karena dapat mengancam ketersediaan kebutuhan harga daging yang ada di kota Ternate. (Ant/bm 01)
Malut 5199771421423347971

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang