BMKG Ingatkan Warga Waspadai Angin Kencang di Pulau Buru | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

BMKG Ingatkan Warga Waspadai Angin Kencang di Pulau Buru

BERITA MALUKU. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pattimura Ambon mengingatkan penyedia dan pengguna transportasi laut dan udara agar mewaspadai angin kencang di Pulau Buru dengan kecepatan 40 kilometer per jam dalam beberapa hari ke depan.

"Peringatan dini tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi musibah yang tidak diinginkan," kata Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon George Mahubessy, di Ambon, Minggu (30/8/2015).

Peringatan dini tersebut telah disosialisasikan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan kabupaten dan dua kota di Maluku.

Para bupati dan wali kota diharapkan mengimbau perusahan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut dan udara agar memperhatikan perubahan cuaca ekstrem.

Pulau Buru wilayahnya terdiri atas Kabupaten Buru dan Buru Selatan dengan akses transportasi terutama laut ke Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara.

"Meski demikian, kecepatan angin tersebut belum mempengaruhi aktivitas penerbangan di lapangan terbang Namlea, Buru, maupun Namrole, Buru Selatan," ujar George.

Dia juga mengingatkan tinggi gelombang mencapai tiga meter berpeluang terjadi di Laut Buru, Laut Maluku, Laut Banda, perairan Kepulauan Leti, Kepulauan Sermata, Kepulauan Babar, Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Kai, Kepulauan Aru dan Laut Arafura.

"Jadi para pengguna jasa transportasi diharapkan memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan pesawat atau kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan," kata George. (Ant/bm 01) 
Daerah 2338188145230678058
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks