Kota Ternate Aman Dari Abu Vulkanik Gamalama | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kota Ternate Aman Dari Abu Vulkanik Gamalama

BERITA MALUKU. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Ternate, memprediksi pusat Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) dalam beberapa hari ke depan aman dari abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama, karena arah angin menuju ke barat laut.

"Pusat Kota Ternate berada di sebelah timur Gunung Gamalama, jadi abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama tidak akan jatuh di pusat Kota Ternate, karena arah angin bertiup ke barat laut hingga ke arah timur selatan laut," kata Prakirawan Cuaca BMKG Kota Ternate, Emmy Purnasholiha di Ternate, Senin (20/7/2015).

Kondisi itu terjadi sejak pertama Gunung Gamalama erupsi pada Kamis (16/7) hingga saat ini, itulah sebabnya yang terkena dampak abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama hanya warga yang berada di wilayah Kecamatan Pulau Ternate yang letaknya sebelah barat laut dari Gunung Gamalama.

Emmy mengatakan, saat erupsi Gunung Gamalama disertai abu vulkanik selama beberapa hari terakhir ini, suasana Kota Ternate saat ini berada pada 21-31 derajat celcius.

Selain itu, dirinya mengimbau kepada warga Kota Ternate, terutama yang berada di bantaran kali untuk mewaspadai adanya hujan yang intensitas ringan hingga sedang yang diprediksi akan terjadi dalam tiga hari ke depan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Hasyim Yusuf ketika dikonfirmasi membenarkan telah menerima imbauan BMKG Kota Ternate dan telah menerjunkan personelnya ke lapangan, terutama di wilayah bantaran kali guna mewaspadai dampak banjir lahar dingin erupsi Gunung Gamalama.

Menurut dia, meskipun saat ini, Kota Ternate belum terjadi hujan deras, tetapi warga di sekitar bantaran kali tetap menjaga kewaspadaannya, terutama jika datangnya hujan yang disertai banjir lahar dingin.

Erupsi Gunung Gamalama yang terjadi pada Kamis (16/7) tersebut, mengakibatkan abu vulkanik menumpuk di lereng gunung itu dan jika turun hujan deras dipastikan akan hanyut ke bawah melalui sejumlah kali yang melintas di wilayah Kota Ternate. (ant/bm 01)
Malut 7668517779744418688

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang