Jumlah Penderita Gizi Buruk di Ternate Meningkat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Jumlah Penderita Gizi Buruk di Ternate Meningkat

BERITA MALUKU. Dinas Kesehatan Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan, jumlah penderita gizi buruk di itu setiap tahun mengalami peningkatan.

"Memang, terdapat peningkatan jumlah penderita gizi buruk. Dinas Kesehatan Kota Ternate akan intensif melakukan evaluasi, karena berdasarkan hasil survei saat ini terdapat 49 anak balita di bawah lima tahun mengalami gizi buruk," kata Kadis Kesehatan Nurbaity Radjabessy, di Ternate, Selasa (28/7/2015).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya intensif melakukan pemeriksaan di sejumlah kelurahan yang terdeteksi ada penderita gizi buruk.

"Biasanya gizi buruk terdapat pada anak balita saat dilahirkan kurang diberikan Air Susu Ibu (ASI) dan makanan yang bergizi," ujarnya.

Ia mengakui laporan tentang penderita gizi buruk belum secara menyeluruh diterima Dinkes. Penderita datang dari luar daerah Kota Ternate, namun pihak Dinkes Ternate tetap memberikan pelayanan secara baik.

"Karena inisiatif kita untuk saling membantu antara satu dengan yang lain, pihaknya bukan sekedar melayani pasien gizi buruk dalam bentuk fisik, tetapi juga melayani dengan memberikan makanan bergizi kemudian dipulangkan ke kampungnya masing-masing," katanya.

Pelayanan bagi pasien gizi buruk dalam bentuk komsumsi memperoleh dana APBD Kota Ternate, dan dilaksanakan oleh Puskesmas.

"Ada Kelurahan yang terdapat gizi buruk 3-4 anak Balita, dan paling banyak berada di wilayah Kelurahan Kalumata. Saat ini Dinkes melakukan kegiatan penyuluhan di posyandu setempat," katanya.

"Cara paling baik adalah memberi penderita makanan bergizi dan teratur, dan untuk keluarga tidak mampu diberikan bantuan," katanya. menambahkan. (ant/bm 01)
Malut 2909945702166843118

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang