Musim Hujan di Ambon, Dinkes Imbau Warga Antisipasi DBD | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Musim Hujan di Ambon, Dinkes Imbau Warga Antisipasi DBD

Ambon - Berita Maluku. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon mengimbau warga kota mengantisipasi penyakit yang biasa muncul pada masa memasuki musim penghujan seperti DBD dan malaria.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Treesje Tory menyatakan, memasuki musim penghujan masyarakat diminta untuk mewaspadai dampak perubahan pola penyakit yang dipicu kondisi lingkungan.

"Penyakit yang harus diwaspadai saat musim hujan seperti DBD, infeksi saluran pernapasan (ISPA), malaria, kulit serta diare," katanya di Ambon, Senin (8/6/2015).

Ia menyatakan, langkah utama untuk mencegah berbagai gangguan penyakit itu adalah menjaga pola hidup bersih dan sehat.

"Mengantisipasi timbulnya penyakit warga harus menjaga pola hidup yang bersih dan sehat agar nyamuk yang merupakan penyebar penyakit DBD tidak bisa berkembang biak," katanya.

Treesje mengatakan, berbagai upaya harus dilakukan yakni membersihkan lingkungan dan pemberantasan sarang dan jentik nyamuk, agar tidak kotor yang berdampak pada timbulnya penyakit.

Antisipasi warga dilakukan dengan gerakan Pemberantasan Sarang dan Jentik Nyamuk (PSJN), serta pelatihan kader Pantauan Jentik Berkala (PJB) yang dilakukan di tempat umum yakni lingkungan perumahan warga, sekolah dan lokasi kantor.

"Kami telah melatih kader PJB yang terdiri dari gerakan Pramuka, korps sukarela (KSR) di sekolah-sekolah, PKK dan karang taruna di setiap desa," ujarnya.

Pihaknya juga intensif melakukan fogging di beberapa daerah endemis.Fogging merupakan cara terbaik mencegah perkembangbiakan nyamuk dengan menguras bak mandi, menutup wadah air, dan mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk (3 M).

Ditambahkannya, fogging dilakukan di seluruh desa dan kelurahan sebelum terjadi penularan. Tujuannya untuk membunuh nyamuk dewasa agar tidak berkembang biak.

Selain itu merubah perilaku hidup bersih seperti minum air yang sudah masak, cuci tangan sebelum makan, makan makanan yg sehat, minum air yang bersih.

"Prinsipnya semua terpulang pada perilaku masyarakat sendiri, kami hanya sekedar memberikan penyuluhan dan motivasi, tetapi untuk merubah perilaku harus datang dari setiap pribadi," tandasnya. (ant/bm 01)
Kesehatan 1271623597050214462
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks