Ketua DPRD: Fungsi Legislatif Perjuangkan Aspirasi Masyarakat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ketua DPRD: Fungsi Legislatif Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Ambon - Berita Maluku. Ketua DPRD Maluku Edwin Adrian Huwae mengatakan, fungsi legislatif yang paling utama adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat atau konstituennya.

"Perjuangan aspirasi ini tentunya dikemas dalam bentuk program untuk dimasukkan dalam pembiayaan APBD yang ditetapkan bersama antara DPRD dengan pemerintah daerah," kata Edwin yang dihubungi dari Ambon, Senin (8/6/2015) kemarin.

Ketua DPRD Maluku saat ini sedang memimpin rombongan legislatif yang terbagi dalam sejumlah alat kelengkapan dewan seperti Badan Kehormatan, Badan Anggaran, dan Badan Penyusunan Raperda melakukan studi banding ke DPRD DKI Jakarta.

Menurut dia, kehadiran rombongan DPRD Maluku ini diterima langsung Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edy Marsudi, Waka ketua M. Taufik, Ketua Badan Kehormatan DPRD setempat Ongen Sangaji serta sejumlah anggota dewan.

"Fungsi DPRD adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat dan saya kira apa yang diperjuangkan wakil rakyat di Jakarta sama dengan kita, tetapi dinamika politik yang ada di DPRD Maluku merupakan suatu proses dan perlu belajar lagi," katanya.

Dalam kegiatan studi banding tersebut, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik mensinyalir adanya upaya pelemahan terhadap lembaga perwakilan rakyat secara tidak langsung melalui penggunaan APBD berdasarkan peraturan kepala daerah, dan tidak menggunakan RAPBD yang dibahas eksekutif bersama legislatif lalu ditetapkan dalam paripurna dewan menjadi APBD untuk diusulkan ke Mendagri.

Misalnya salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur, kepala daerahnya tidak mau melakukan pembahasan kalau ada inisiatif DPRD, sehingga masalah seperti inilah yang menjadi indikator adanya proses pelemahan terhadap lembaga perwakilan rakyat, apalagi belakangan ini ada banyak lembaga swadaya masyarakat yang ribut-ribut soal fungsi parlamen.

"Apa yang disampaikan pimpinan bersama ketua BK DPRD DKI Jakarta menjadi pengalaman baru dan tentu sangat berguna di daerah dalam membangun kemitraan strategis juga dengan pemerintah daerah," kata Edwin Adrian. (ant/bm 01)
Indeks 3768545534915418703
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang