Mesin Traktor Tangan Bantuan Distan Maluku untuk Tulehu Mubazir | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Mesin Traktor Tangan Bantuan Distan Maluku untuk Tulehu Mubazir

Ilustrasi
Ambon - Berita Maluku. Bantuan empat unit mesin traktor tangan (hand tractor) yang disalurkan Dinas Pertanian Provinsi Maluku kepada tiga kelompok tani di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu sejak tahun 2013 lalu mubazir.

"Mesin traktor tangan ini seharusnya dimanfaatkan petani setempat dalam mengolah lahan pertaniannya guna menanam padi, jagung, atau ketela pohon," kata ketua Komisi B DPRD Maluku, Reinhard Toumahuw di Ambon, Senin (22/6/2015).

Namun kenyataannya di lapangan, empat unit mesin tersebut dibiarkan berkarat alias jadi besi tua karena tidak pernah dimanfaatkan oleh para petani penerima bantuan.

Untuk itu, kata Reinhard, komisi B akan mengunjungi dan melihat secara langsung hand traktor di Desa Tulehu guna memastikan kondisi mesinnya apakah masih dapat difungsikan atau tidak.

Karena masih banyak kelompok tani di daerah ini yang sangat membutuhkan mesin traktor tangan dalam mengolah tanah mereka untuk menanam jagung, kacang tanah, atau ketela pohon.

"Uang negara habis untuk pengadaan mesin dan bertujuan memberikan kemudahan bagi petani mengolah lahan mereka tetapi kenapa tidak dimanfaatkan," ujar Reinhard.

Sehingga komisi B akan mencari tahu alasan tidak dimanfaatkan mesin tersebut, dan kalau perlu digiring ke ranah hukum agar bisa dipertanggungjawabkan.

Agar bisa menjadi satu pelajaran bagi para penerima bantuan juga untuk berhati-hati, jangan sampai sudah terima namun tidak dimanfaatkan sehingga program bantuan dari pemerintah jadi mubazir. (ant/bm 01)
Indeks 1630861775075482146
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang