Ketinggian Jembatan Merah Putih Ambon Dipertanyakan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ketinggian Jembatan Merah Putih Ambon Dipertanyakan

BERITA MALUKU. Ketinggian tiang pancang bagian tengah Jembatan Merah Putih (JMP) yang menghubungan desa Galala-Poka Ambon menjadi persoalan saat rapat Komisi C DPRD Maluku kepada pihak Balai Jalan dan Jembatan Nasional.

"Kebetulan ada masukan juga dari pihak TNI Angkatan Laut untuk mempertanyakan sebenarnya ketinggian dua tiang jembatan di tengah laut itu mencapai berapa meter," kata wakil ketua komisi C DPRD Maluku, Ayu Hindun Hasanussi di Ambon, Jumat (25/6/2015).

Sebab dalam rencana awalnya, kata dia, ketinggian jembatan harus mencapai 38 meter dari atas permukaan laut, itu pun kondisi airnya dalam posisi pasang naik.

Saat ini sudah dibangun dua tiang pancang JMP atau disebut juga dengan nama jembatan Marthafons di tengah laut, namun ketinggiannya masih diragukan apakah mencapai 38 meter atau masih kurang.

Menurut Ayu, TNI-AL sejak awal telah meminta ketinggian jembatan harus diperhatikan agar kapal latih sekelas kapal Dewaruci bisa masuk teluk Ambon dan merapat di dermaga pangkalan TNI-AL Halong.

"Kami berharap ada penjelasan resmi dari pihak balai, sebelum bentangan penghubung jembatan dari Galala ke Poka terpasang," ujarnya.

Apalagi pemerintah daerah mengharapkan pembangunannya bisa rampung dalam waktu dekat dan akhirnya diresmikan Presiden Jokowi saat membuka kegiatan Pesparawi tingkat nasional di Kota Ambon Oktober mendatang.

Jembatan sepanjang 1,06 kilometer ini akan menghubungkan dua desa yaitu Desa Poka dan Desa Galala yang dipisahkan oleh Teluk Ambon dan terdiri dari jembatan pendekat arah Galala sepanjang 300 meter, pendekat arah Pokka 320 meter, dan bentang tengah 300 meter.

Penyelesaian JMP di Kota Ambon, sejak awal sudah diprediksi molor lima bulan dari target rampung akhir tahun 2014 akibat Cuaca ekstrem yang menghambat proyek jembatan terpanjang di Indonesia timur ini. (ant/bm 01)
Proyek 3502610317205249071

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang