Gunung Gamalama Ternate Masih Berstatus Waspada | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gunung Gamalama Ternate Masih Berstatus Waspada

BERITA MALUKU. Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), masih berstatus waspada sejak enam bulan gunung tersebut meletus dan hingga kini belum ada peningkatan.

"Aktivitasnya masih di atas normal, tapi aktivitasnya masih belum setinggi Desember lalu," ujar Kasubbid Pengamatan dan Penyelidikkan Gunung Api Wilayah Timur Indonesia, Devy Kamil Syahbana di Ternate, Jumat (26/6/2015).

Perkembangan terakhir hasil pemantauan pihaknya terhadap Gunung Api Gamalama, saat ini masih menunjukkan aktivitas dominan mengeluarkan gas, namun tidak ada material vulkanik atau abu yang terbawa hingga ke wilayah lainnya.

Selain itu, untuk aktivitas kegempaan masih didominasi oleh aktivitas permukaan, ditandai dengan masih terekamnya gempa. Hingga saat ini, juga gempa vulkanik (VA, VB dan Tremor) masih terjadi tetapi dalam jumlah yang tidak signifikan.

"Jumlah dan jenis gempa ini akan dipantau secara lebih intensif untuk mendeteksi jika terjadi peningkatan yang sangat cepat dan memicu terjadinya letusan," katanya.

Ia menambahkan, meski ancaman lahar dingin selama musim hujan ini tak terjadi, namun aktifitas Gunung Api Gamalama belum bisa dinyatakan stabil. Bisa saja terjadi letusan strombolian kalau ada gempa tektonik besar di laut Maluku. Saat ini kegempaan tektonik disana masih tinggi dan bisa memicu peningkatan aktivitas secara tiba-tiba.

Sehubungan dengan aktifitas Gunung Api Gamalama yang belum dinyatakan stabil ini, maka rekomendasi untuk status waspada, menurutnya, masih tetap diberlakukan.

Masyarakat di sekitar Gunung Api Gamalama dan pengunjung maupun wisatawan disarankan untuk tidak beraktivitas di dalam radius 1.5 km dari kawah Gunung Api Gamalama.

Masyarakat di sekitar Gunung Api Gamalama juga diharapkan tenang dan tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Gamalama, namun tetap meningkatkan kewaspadaan dan senantiasa mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kota. (ant/bm 01)
Malut 3310367767906231429

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang