Kota Ternate Terima Penghargaan Kebudayaan Kemendikbud | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kota Ternate Terima Penghargaan Kebudayaan Kemendikbud

BERITA MALUKU. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Jenderal Kebudayaan RI memberikan penghargaan kepada tiga daerah yang ditetapkan Tim Penilai, salah satunya Kota Ternate sebagai Kota Kebudayaan.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretaris Daerah Kota Ternate Sutopo Abdullah di Ternate, Jumat (25/6/2015), mengatakan Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kacung Marijan melalui surat bernomor 954/F.F6/LL/2015 memberikan penghargaan Kota Kebudayaan kepada Pemerintah Kota Ternate.

Dia menjelaskan, pihaknya menghargai semua daerah yang telah bersungguh-sunggu berupaya memelihara dan terus mengangkat nilai-nilai yang hidup di daerahnya masing-masing sebagai landasan dalam membangun peradaban Bangsa Indonesia.

"Tiga derah itu diantaranya Kota Ternate, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Banyuwangi dan surat resmi dari Kemendikbud Direktorat Jenderal Kebudayaan, Ternate adalah Kota yang memiliki sejarah panjang terkait dengan eksistensi ke-Indonesiaan antara lain, Kota penghasil rempah-rempah yang dikenal sejak masa Hindia Belanda.

Hal ini ditandai dengan adanya peninggalan situs purbakala berupa benteng dan bangunan-bangunan khas kolonial, khususnya peninggalan masa Portugis dan Belanda.

Kemudian Pemerintah Kota memiliki komitmen yang kuat melakukan pelestarian bukan saja pada revitalisasi peninggalan budaya benda, namun juga budaya tak benda.

Dia mencontohkan, ada kegiatan barifola yang mengandung nilai kegotong royongan dan toleransi, dimana melalui barifola, warga setempat secara sukarela bahu-membahu membantu membangun rumah bagi mereka yang kurang mampu.

Untuk itu, dirinya berharap, ketiga Pemda yang telah ditetapkan ini dapat menyiapkan berkas kelengkapan data kekaryaan untuk keperluan teknis proses acara pada tanggal 21-22 September mendatang dan berkas kelengkapan dimaksud adalah karya kebudayaan di daerah masing-masing. (Ant/bm 01) 

Malut 6303842982727582615

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang