Disdik Kota Ternate Akan Intensifkan Program Pendidikan Agama | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Disdik Kota Ternate Akan Intensifkan Program Pendidikan Agama

Ternate - Berita Maluku. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), tahun ini akan menjalankan program pendidikan keagamaan yang pelaksanaannya di mulai pada tahun ajaran baru tahun 2015 -2016 Juli mendatang.

"Program ini mulai jalan, setelah penerimaan siswa baru ketika siswa masuk pada tahun ajaran baru maka program keagamaan sudah dilaksanakan," kata Kepala Disdik Kota Ternate Muhdar Din di Ternate, Senin.

Dia menjelaskan, untuk program keagamaan yang dilaksanakan nanti di mulai dengan siswa kelas IV SD Se Kota Ternate namun dilaksanakan per gugus, akan tetapi saat ini belum mengetahui berapa jumlah gugus sesuai dengan jumlah siswa dan sekolah di Kota Ternate.

Menurutnya, program Disdik yang dilakukan berkelanjutan sehingga saat ini tingkat kelas IV dan tahun depan dilanjutkan dengan siswa kelas V, karena untuk kurikulum selalu berlanjut, program diniah yang dijalankan nantinya itu wajib untuk sekolah SD.

Namun, karena keterbatasan guru yang saat baru 53 orang nantinya mengajar pendidikan agama maka dibentuk dalam sistem gugus, misalnya di satu tempat ada beberapa sekolah digabungkan untuk pelaksanaan pada satu tempat.

Selain itu, kata Muhdar, dalam satu gugus diajarkan oleh beberapa orang guru ,adapun sekolah-sekolah lain yang sulit dijangkau tentu masih dipikirkan untuk dimulai, sehingga nanti.

Sedangkan Pulau Moti juga tahun ini sudah jalan karena ada guru Al-Khairaat yang juga tersebar di Moti dan untuk sementara pihaknya masih mencari guru tambahan apabila sudah mendapatkan maka disalurkan ke seluruh sekolah, permasalahan saat ini karena masih keterbatasan guru nanti dilakukan pelatihan bagi guru agama yang siap menjalankan program diniah maka akan diberi pelatihan agar bisa menempati posisi pada sekolah-sekolah yang lowong.

Muhdar menambahkan, program tersebut juga tidak dilaksanakan di semua sekolah sehingga pertama ini Disdik masih menerapkan beberapa sekolah misalnya untuk sekolah Ternate Utara dan Ternate Selatan, Ternate Tengah.

Sedangkan untuk Pulau masih menunggu proses kelanjutan dan ketika sudah ada guru maka langsung dilaksanakan, untuk guru yang kurang masih berjumlah sepuluh orang, pelaksanaannya hanya empat hari dari Senin sampai Kamis di mulai pada siang hari setelah pulang sekolah, guru yang mengajar diberi honor namun belum dipastikan berapa besarannya. (ant/bm 01)
Malut 5827464542852604926
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang