Sejumlah Perguruan Tinggi di Maluku Utara Tawarkan Beasiswa | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Sejumlah Perguruan Tinggi di Maluku Utara Tawarkan Beasiswa

Ternate - Berita Maluku. Sejumlah perguruan tinggi di Maluku Utara (Malut), menawarkan calon mahasiswanya untuk mendapatkan beasiswa, sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia yang handal.

Di Akademi Komputer (Aikom) Ternate misalnya, menurut Direktur, Muhammad Muzni di Ternate, Minggu (31/5/2015), untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2015 ini akan diberi beasiswa yang bersumber dari APBD Provinsi Maluku Utara (Malut) sebanyak 120 orang.

Muhammad Muzni menjelaskan, memang tahun ini Aikom menerima beasiswa yang bersumber dari APBD Provinsi Malut untuk tahun ajaran 2015-2016.

Selain itu, beasiswa tersebut untuk dua jurusan yakni Manajemen Informatika (MI) 60 orang dan Teknik Komputer (TK) 60 orang, dimana beasiswa yang diperoleh nanti untuk kuliah gratis tanpa dipungut biaya yaitu bebas biaya pendaftaran, bebas uang semester dan bebas uang sarana dan prasarana.

"Persyaratan bagi beasiswa yang diberikan Pemerintah Provinsi adalah lulusan SMA di tahun ajaran 2015, selanjutnya ekonomi orang tua dan kualitas siswa itu sendiri atau yang disebut siswa berprestasi," ujarnya.

Muzni menambahkan, penerimaan beasiswa tersebut untuk 23 perguruan tinggi di Provinsi Malut dengan jumlah kuota bervariasi. Aikom juga mendapatkan beasiswa Bidikmisi dan Bantuan Beasiswa Miskin (BBM), namun sampai saat ini belum diketahui informasi dari Kopertis berapa orang yang akan mendapatkan beasiswa tersebut.

Ia berharap, adanya beasiswa yang diberikan Pemerintah Provinsi menjadi motivasi bagi siswa yang baru menyelesaikan studi di sekolah untuk lanjut ke jenjang perguruan tinggi.

"Tentu peran penting orang tua untuk memberikan semangat kepada anaknya agar dapat melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, sehingga sumber daya manusia di daerah bisa diakomodir dalam berbagai lapangan kerja yang tersedia, sesuai dengan pendidikan yang telah digelutinya," kata Muhammad.

Selain Aikom, sejumlah perguruan tinggi swasta lainnya yang tersebar di Malut juga menarwarkan sejumlah beasiswa bagi calon mahasiswa yang akan diterima di kampus tersebut seperti Sekolah Tinggi Pertanian (STP) di Kabupaten Halmahera Selatan dan UMMU Ternate. (ant/bm 10)
Malut 7120122406121204196
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang