Festival Teluk Jailolo Dapat Dukungan Masyarakat Halbar | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Festival Teluk Jailolo Dapat Dukungan Masyarakat Halbar

Ternate - Berita Maluku. Bupati Halbar, Namto Roba mengatakan, pelaksanaan Festival Teluk Jailolo (FTJ) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), yang sudah masuk tahun ketujuh, telah mendapat dukungan luar biasa dari masyarakat di Halbar.

"Dukungan dan partisipasi yang begitu besar merupakan suatu motivasi bagi kita semua dan seluruh jajaran Pemerintah Halbar untuk terus memperbaiki dan membuat inovasi dalam rangka mengembangkan sektor pariwisata di daerah ini," katanya di Ternate, Selasa.

Menurut Namto, dirinya sadar bahwa FTJ masih berusia belia, untuk itu dari aspek kualitas masih menjadi fokus utama dalam penanganan kegiatan tersebut, namun di tahun-tahun mendatang aspek kuantitas harus menjadi perhatian bersama untuk mengembangkan kegiatan ini menjadi lebih baik lagi dari sekarang.

Bahkan yang paling penting saat ini adalah bagaimana menyiapkan sumber daya masyarakat yang lebih baik, sehingga penyelenggara FTJ di tahun mendatang, tidak lagi menjadi tanggung jawab sepenuhnya pemerintah daerah, tetapi kedepan harus menjadi tanggungjawab masyarakat dengan menempatkan pemerintah sebagai fasilitatornya. Masyarakat harus terlibat secara aktif untuk menjadi motor penggerak dalam setiap kegiatan pariwisata di daerah ini.

Bupati berjanji, akan membuat sebuah terobosan untuk menggenjot potensi pariwisata Halbar dapat dipersiapkan kedepan dan potensi serta keindahan Teluk Jailolo sudah terkenal di mancanegara.

"Saya percaya bahwa kedepan Teluk Jailolo akan menjadi tujuan pariwisata dunia, apalagi saat ini event Festival Teluk Jailolo sudah tercatat dalam kalender pariwisata Nasional di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Untuk itu, Bupati Berharap, teluk ini perlu dipelihara sehingga kekayaan bawah laut teluk Jailolo, keindahannya dapat dinikmati dan dilihat langsung oleh anak cucu kedepan.

Sementara Ketua Panitia Festival Teluk Jailolo (FTJ) ke-7, Abjan Sofyan, yang juga Sekda Halbar menjelaskan, FTJ adalah acara tahunan yang secara konsisten dilakasanakan oleh Pemda Halbar untuk mempromosikan Halbar sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia Timur.

Dalam festival ini mengedepankan keindahan alam, aneka kuliner Halmahera Barat, potensi bawah laut, adat istiadat dan keragama budaya.

Menurut Abjan, pihaknya dari waktu ke waktu terus bergeliat mempromosikan pariwisata daerah, tidak hanya melalui kegiatan FTJ, akan tetapi promosi wisata dilakukan juga pada event nasional dan internasional. (ant/bm 10)
Malut 8886797482367047121
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks