Buah Gandaria Dipasarkan ke Luar Daerah | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Buah Gandaria Dipasarkan ke Luar Daerah

Ambon - Berita Maluku. Gandaria, buah khas yang hanya terdapat di Maluku akan dipasarkan ke luar daerah guna menambah pendapatan petani.

"Ada berita gembira bagi para petani buah gandaria di daerah ini untuk terus mengembangkan usaha mereka guna menambah ekonomi keluarga," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi Maluku, B Ohorella di Ambon, Selasa (7/4/2015).

Dia menjelaskan, ada janji dari Kementerian Perdagangan yang akan membantu 11 jenis rumah kemasan di Maluku, satu di antaranya rumah kemasan untuk produk buah gandaria.

"Kalau sampai bantuan rumah kemasan itu sudah ada maka para petani di daerah ini akan diberdayakan, terutama untuk pembuatan jus maupun kemasan buah gandaria untuk dipasarkan ke luar daerah Maluku," ujarnya.

Ini berita yang sangat mengembirakan bagi para petani buah gandaria, lanjutnya, sebab selama ini pada musim panen hanya dijual di pasar lokal.

"Saya kira janji bantuan rumah kemasan ini tidak lama lagi direalisasikan, sebab Direktur Dagang Kecil dan Menengah Kementerian Perdagangan, Suhanto sudah menikmati enaknya buah gandaria pada saat berada di Ambon pertengahan bulan lalu," ujarnya.

Menurut Ohorella, gandaria dapat dikatakan buah yang unik dan langka di Indonesia sebab hanya terdapat di daerah Maluku, paling banyak di Pulau Ambon.

Dia menjelaskan, kehadiran Direktur Dagang Kecil dan Menengah di Kota Ambon bulan lalu dalam rangka membuka kegiatan workshop dengan tujuan meningkatkan pemahaman produk mikro kecil menengah (PMKM) di bidang keemasan dan desain produk dalam meningkatkan daya saing dan nilai tambah. (ant/bm 10)
Indeks 8023085351004215494
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks