Semua Sekolah di Ambon Diwajibkan Berlakukan Kurikulum 2013 | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Semua Sekolah di Ambon Diwajibkan Berlakukan Kurikulum 2013

Kainama: Yang Belum Tinggal Menyesuaikan

Ambon - Berita Maluku. Meski masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Pendidikan namun semua tingkatan sekolah di Ambon, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) wajib memberalakukan Kurikulum 2013.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benny Kainama kepada pers di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Jumat (05/12/2014) mengatakan, sekolah-sekolah di Kota Ambon sudah siap memberlakukan kurikulum 2013 untuk semua tingkatan pendidikan. Dan untuk pemberlakukan kurikulum 2013, Diknas Kota Ambon sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada 1 Desember lalu.

"Setelah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan, pernyataan dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan bahwa kurikulum 2013 perlu dievaluasi, sebab masih terjadi kendala," ungkap Kainama.

Dijelaskan, bahwa penerapan kurikulum 2013 di setiap sekolah di Ambon masih terdapat kendala sehingga perlu dibenahi dan diselaraskan pelaksanaannya agar penerapan dapat berlajan sesuai dengan yang diinginkan di tiap tingkatan pendidikan.

Kainama juga mengutip pernyataan Menteri Pendidikan, Anes Baswedan bahwa kurikulum 2013 tidak dapat dipaksakan untuk dilaksanakan di semua tingkatan.

"Kalau ada sekolah-sekolah yang sudah siap, ya lakukan saja, tapi apabila ada sekolah yang belum bisa memberlakukan kurikulum 2013 maka jangan dulu diberlakukan sampai sekolah tersebut benar-benar siap," kata Kainama mengutip pernyataan Baswedan.

Saat ini Dinas Pendidikan Kota Ambon tinggal menunggu juknis saja dari Kementerian, sehingga bisa langsung diterapkan.

"Hampir semua sekolah di Ambon sudah siap untuk menerapkan kurikulum 2013, tinggal sekolah mana yang belum dapat memberlakukan kurikulum 2013. Kalau belum nanti mereka menyesuaikan saja dengan perkembangan yang ada sampai mereka dapat benar-benar memberlakukan kurikulum tersebut," ungkapnya. (bm 06)
Pilihan 6177727776036654696
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks