Resmi Dilantik, Mendagri Ingatkan Sadali Tidak Boleh Lakukan Mutasi Pejabat | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Resmi Dilantik, Mendagri Ingatkan Sadali Tidak Boleh Lakukan Mutasi Pejabat


AMBON - BERITA MALUKU.
Sadali Ie resmi dilantik menjadi Penjabat Gubernur Maluku oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.


Pelantikan Sadali berlangsung di Sasana Bhakti Praja Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jumat (27/04/2024), menindaklanjuti Keputusan Presiden RI Nomor 51/P Tahun 2024 tentang pengesahan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Pengangkatan Penjabat Gubernur Maluku.


Mendagri dalam sambutannya mengatakan, pelantikan Penjabat Gubernur Maluku dilakukan setelah melalui proses penilaian yang panjang.


Semua Calon Penjabat Gubernur termasuk usulan yang ada, dibahas satu per satu dan ini sudah melalui proses penilaian yang sangat panjang, yang selanjutnya disampaikan ke Mendagri dan dilaporkan serta berdiskusi dengan Presiden, karena sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 bahwa untuk Penunjukan Penjabat Gubernur adalah kewenangan Presiden, sementara Bupati Walikota Kewenangan Mendagri.


Dengan dilantik sebagai Penjabat Gubernur, lanjut Mendagri, Sadali memiliki kewenangan yang sama dengan tugas Gubernur definitif yang dipilih oleh rakyat. Kecuali 4 hal, dan hal itu sudah diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah, dimana salah satunya tidak boleh melakukan mutasi jabatan, apalagi menjelang pilkada 6 bulan sebelum pendaftaran, kecuali atas ijin Mendagri.


Dirinya juga meminta Penjabat Gubernur dapat segera merealisasikan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) sebagai komitmen untuk membiayai pilkada.


“Dalam konteks pilkada ini, penjabat sebagai birokrat non partai tolong mengambil posisi netral biarkan bertanding secara sehat,” tegasnya.


Tugas-tugas lain yang menjadi atensi, ungkap Mendagri seperti inflasi, yang terakhir angkanya sangat baik di bawah Nasional, dan ini adalah kerja baik dari Gubernur dan semua pihak, termasuk Bupati Walikota.


“Saya minta prestasi yang dibuat oleh Pak Murad dan jajaran dapat dipertahankan.” Pintanya.


Selain itu juga ia meminta, masalah stunting, Kemiskinan ekstrem, pendidikan dan kesehatan juga menjadi atensi utama.


“Maluku punya sumber daya alam yang luar biasa, maka saya mohon dengan hormat karena kemiskinan ekstrem dan stunting masih cukup tinggi meskipun sudah berkurang fokuslah pada bidang pembangunan sumber daya manusia, sehingga anak-anak generasi muda Maluku tidak menjadi penonton di kampung sendiri,” tegasnya.


Mendagri berharap Sadali dapat membangun hubungan yang baik dengan forkopimda, tokoh masyarakat, Bupati/Walikota, dalam menghadapi tantangan kedepan.


“Mudah-mudahan apa yang disampaikan bisa memberikan motivasi dan semangat bagi semua yang ada di Maluku, saya doakan situasi Maluku dapat dijaga sama-sama, baik stabilitas keamanan dan selama pilkada juga image yang identik dengan adanya konflik sosial dapat dihapuskan dengan adanya pilkada yang damai dan sejuk,” tutupnya.


Headline 1998601344649562586
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks