Lima Penambang di Buru Dibacok: Tiga Kritis | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Lima Penambang di Buru Dibacok: Tiga Kritis

AMBON - BERITA MALUKU. Sedikitnya lima orang penambang asal Tasikmalaya, Jawa Barat, dibacok orang tak dikenal (OTK) di kawasan Dirlale, Kabupaten Buru, pada Jumat (16/8) sekitar pukul 20.00 WIT.

"Tiga dari lima penambang asal Tasik ini ditemukan warga dalam kondisi kritis dan langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Namlea, sedangkan dua korban lainnya belum diketahui nasibnya," kata salah satu warga setempat, Ibrahim Wael yang dihubungi dari Ambon, Sabtu 17 Agustus 2013 kemarin.

Identitas salah satu korban baru diketahui bernama Ujang, sedangkan dua rekan lainnya masih dalam kondisi kritis sehingga belum dapat memberikan keterangan.

Dari para korban itu diperoleh informasi bahwa masih ada dua orang teman mereka yang belum ditemukan.

Para penambang itu ditemukan tergelak di jalan ketika mereka baru turun gunung dari lokasi penambangan emas Dirlale menuju Waepsalit.

"Tiga korban yang menderita luka parah akibat bacokan benda tajam itu diserang sekelompok OTK sekitar pukul 20.00 WIT," katanya.

Meski modus penyerangan OTK belum diketahui pasti, namun kasus-kasus kekerasan seperti itu sudah berulang kali terjadi di Pulau Buru.

Hal itu sering terjadi sejak ditemukan logam mulia di daerah itu awal tahun lalu dan puluhan ribu orang dari berbagai daerah datang untuk mencari atau membeli emas.

"Banyak sekali terjadi kasus perampokan, penganiayaan dan pembunuhan terhadap para penambang maupun pemilik modal yang ingin membeli emas. Namun para pelaku kejahatan tersebut tidak pernah tertangkap," jelas Ibrahim.

Warga Dirlale maupun Waepsalit berharap agar aparat kepolisian bisa lebih tegas dan profeisonal membongkar kelompok OTK yang sering melakukan kejahatan agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Selain itu, aparat keamanan juga diminta mencari dua penambanga asal Tasikmalaya lainnya yang belum diketahui keberadaannya. (ant/bm 10)
Peristiwa 2037457502105198506
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks