PDIP Optimis Jadi Pemenang Pilkada Di Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

PDIP Optimis Jadi Pemenang Pilkada Di Maluku


AMBON – BERITA MALUKU.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) optimis akan menjadi pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur maupun Bupati/Walikota, 27 November mendatang.


Optimis ini disampaikan Ketua DPD PDIP Maluku, Benhur Watubun kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (05/06/2024).


Dikatakan, target menjadi pemenang dalam pesta demokrasi lima tahunan, setelah partai banteng hitam bermoncong putih itu berhasil menjadi pemenang dalam Pemilihan Legislatif, dengan mempertahankan kursi Ketua DPRD Maluku, dan menambah kursi Ketua DPRD pada 5 Kabupaten/Kota, dan 2 kursi Wakil Ketua DPRD.


"Terhadap proses perjuangan Pilkada ini, kami sudah melaporkan kepada DPP, kita bertekad memenangkan seluruh pilkada 11 kabupaten/kota, ditambah pemilihan Gubernur," tegas Benhur. 


Lebih lanjut, menjadi pemenang dalam Pilkada merupakan bagian dari keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP. Dimana kemenangan tersebut dalam rangka membangun demokrasi yang baik kepada masyarakat.


Karena selama ini, menurut Benhur dalam kepemimpinan Maluku yang telah berakhir 24 April, menjadi contoh pemimpin yang tidak berpihak kepada rakyat. Artinya pemimpin yang tidak memperhatikan kaidah hukum, tidak peduli terhadap pelayanan publik, sehingga menjadi refleksi dari kegagalan yang dilakukan pemerintah lima tahun sebelumnya. 


"Saya kira yang paling penting bagi PDI Perjuangan, konsekuensi logis dari pada proses politik, kita harus meraih kekuasaan harus kita raih dengan sebaik baiknya, supaya membangun satu rumah demokrasi yang baik, dimana rakyat memberi kritikan, usul, saran, dan sebagai pemerintah kita akan menampung dan melaksanakan," tuturnya.


Rekomendasi 


Sampai saat ini PDIP belum memberikan rekomendasi kepada Bakal Calon baik itu Gubernur-Wakil Gubernur, maupun Bupati-Wakil Bupati atau Walikota-Wakil Walikota.


Namun dari hasil Rakernas, terdapat tiga surah tugas yang dikeluarkan guna memberikan dukungan kepada balon tiga kepala daerah, yang merupakan petahana, yaitu Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, Bupati Buru Selatan Safitri Malik, dan Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach. 


"Diluar itu belum, karena kita menghargai sungguh para kader bangsa yang mendaftar di PDIP," cetusnya. 


Namun demikian, kata Benhur untuk Balon Kepala Daerah lainnya telah menjalani penjaringan tahap I yang merupakan kewenangan DPD, sesuai ketentuan peraturan partai nomor 1  tahun 2024 tanggal 5 April.


Sementara untuk calon Gubernur merupakan keputusan mutlak DPP, Karena disitu satu sisi merupakan kepala daerah, disisi lain menjadi wakil Pempus di daerah.


"Jadi itu kewenangan Ketum sangat besar sekali, kita hanya menjaring dan menyampaikan usulan itu ke DPP. Jadi kita sudah melaksanakan itu, dan susah menyurati balon untuk melakukan sosialisasi," ulasnya.


Tahapan selanjutnya yaitu Survei, melalui tim penjaringan telah menjajaki tanda tangan kontrak dengan lembaga survei yang sudah diputuskan DPP, yang akan dimulai 1 juli 2024.


Setelah itu, dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) di tingkat daerah, dalam mencermati sejauh mana kiprah dari masing-masing calon kepala daerah.


"FGD supaya ada saran dari masyarakat, keterlibatan masyarakat elemen penting untuk memberi saran kepada PDPI, sesuai itu akan dikirimkan ke DPP untuk memutuskan siapa yang paling layak untuk mendapat rekomendasi dari PDI Perjuangan. Jangan sampai menetapkan calon yang tidak tahu biking apa-apa, malam mimpi besok kerja. Itulah yang salah," tandasnya.


Pilkada Maluku 5664991413840947973
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks