Pemprov Maluku Pantau Kebutuhan Bapok Jelang Nataru | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pemprov Maluku Pantau Kebutuhan Bapok Jelang Nataru

 

AMBON - BERITA MALUKU. Pemerintah Provinsi Maluku melakukan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga barang kebutuhan pokok (Bapok) menjelang hari raya Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru 1 Januari (Nataru). 


Pemantauan yang dilakukan di tiga lokasi di kota Ambon, yakni pasar tradisional, pasar modern dan pusat distributor, Selasa (05/12/2023), dipimpin langung Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie. Turut didampinggi Ketua TGPO Maluku HAdi Basalamah, TPID Maluku, Pimpinan OPD Terkait Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku. 


Basalamah menyampaikan dari hasil pemantauan harga bahan pokok berada pada kondisi yang stabil dan relatif belum ada kenaikan signifikan yang memacu pada kenaikan inflasi.


Untuk ketersediaan Bapik seperti Beras, kata Basalamah di gudang bulog sekarang tersedia 5900 ton dan akan masuk dalam waktu dekat sekitar 9 desember untuk beras kurang lebih 4750 ton jadi akumulasi di gudang nantinya sekitar 10rb ton dengan ketahanan 3 atau 4 bulan dengan situasi harga stabil, dan bulog tetap melakukan Gelar Pangan Murah, setiap minggu dengan pasokan 5-10 ton dijual dengan harga eceran tertinggi dan dipastikan aman sampai perayaan nataru.


Di tempat yang sama juga Kepala Biro Perekonomian Setda Maluku Onesimus Soumeru menjelaskan saat ini TPID telah melaksanakan tugas sesuai arahan Gubernur Maluku, agar pengendalian inflasi tetap terjaga menyongsong perayaan Natal dan Tahun Baru, dan diharapkan harga bahan pokok stabil dan tetap mempertahankan inflasi yang saat ini berada pada angka 2,96 per November 2023.


Untuk diketahi berdasarkan hasil pemantauan tersebut harga kebutuhan pangan jelang Natal dan tahun baru, seperti, bawang merah, cabe, daging ayam, sapi, telur, gula, minyak goreng relatif stabil/normal.


Dimana Stok beras di gudang bulog halong saat ini sebanyak 5.941 ton dan akan masuk tgl 9 des sebanyak 4.750 ton, Dgn ketahanan sekitar 3 sampai 4 bulan kedepan.

Ekonomi 3125949084488327520
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks