Komisi IV DPRD Maluku Bahas Penyelenggara Ibadah Haji  | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Komisi IV DPRD Maluku Bahas Penyelenggara Ibadah Haji 


AMBON - BERITA MALUKU
. Dalam mempersiapkan Ibadah Haji 25 Juni mendatang, DPRD Provinsi Maluku melalui Komisi IV memanggil Kementerian Agama Maluku dan Pemda Maluku dalam hal ini Biro Kesra guna membahas hal tersebut.

Pembahasan berlangsung di baileo rakyat, karang panjang, Ambon, Jumat (27/05/2022), dipimpin Ketua Komisi IV Samson Atapary.

Kepada wartawan, Atapary mengatakan ada beberapa hal yang telah disepakati dalam rapat, yaitu penetapan maskapai penerbangan yang akan melayani perjalanan 494 Jamaah Haji Maluku.

"Untuk biaya embarkasi dan debarkasi dari Ambon ke Makasar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi Maluku,"ujarnya.

Sementara itu, KaKanwil Agama Maluku H.Yamin mengatakan, dalam pelaksanaan ibadah haji, jamaah haji Maluku berada dalam kelompok terbang atau kloter 9 dan 10, dengan jumlah 496 ditambah dua nunu haji daerah (PHD) didalamnya.

Jamaah haji, ungkap Yamin akan terbang menuju Arab Saudi pada tanggal 25 Juni tahun 2022.

"Jadi pada tanggal 21 dan 22 Juni seluruh jamaah sudah berada di kota Ambon, setibanya mereka akan divaksin atau pcr oleh petugas kesehatan yang disiapkan,"ucapnya.

Selanjutnya kata Yamin, tanggal 23 Juni tahun 2022 akan dilakukan pelepsan jamaah haji Maluku oleh Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn) Murad Ismail, selanjutnya menuju embarkasi di makasar.

Yamin memastikan seluruh adminstrsi jamah telah siap, termasuk dokumen pelunasan setoran haji. Pihak kanwil Kemenag juga membantu kelancaran jamah yang pindah dari Maluku ke Provinsi lain.

"Alhamdulillah saat ini berkas admisntrasi seluruh jamaah sudah final termasuk pemenuhan pelunasan biaya haji oleh masing masing jamaah, "ucapnya.

Kepal Biro Kesra Pemerintah Provinsi Maluku, Muhammad Aji, mengatakan Pemerintah Provinsi Maluku telah menyiapkan biaya embarkasi dan debarkasi jamaah mulai dari biaya transportasi, kopor bagasi, dan biaya konsumsi.

"Kami alokasikan Rp1,5 jut per jamaah namun saat ini kami masi menunggu usulan dari Kemenag terkait kebutuhan embarkasi, pada prinspinya pemerintah provinsi Maluku siap membantu perjalanan seluruh jamaah haji di maluku," ujarnya.

Dewan 42274235520260379
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks