Harga Telur Ayam Naik, Ini Kata Kadis Perindag Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Harga Telur Ayam Naik, Ini Kata Kadis Perindag Maluku


AMBON - BERITA MALUKU
. Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Jaya Kota mengungkapkan penyebab kenaikan harga telur beberapa hari ini, mencapai Rp2100-2300 per butir, harga per rak Rp60.000.


Kenaikan harga telur salah satu dipicu libur panjang lebaran beberapa waktu lalu, sehingga mempengaruhi pendistribusian bahan pokok dari daerah sentra.

"Seperti yang disampaikan Kepala Pelindo Fentje, bahwa ini diakibatkan libur panjamg dari tanggal 1-9 Mei, perusahaan pelayaran swasta misalnya Spil, Tanto, Meratus terkendala sedikit masalah teknis, sehingga mengakibatkan tertahannya telur dari surabaya ke Ambon," ujar Kota dikonfirmasi, Rabu (18/05).

Dikatakan, terkendalanya transportasi memicu kelangkan telur akibat stok terbatas. Apalagi telur memiliki umur simpan yang singkat yaitu 7-14 hari.

"Telur ini daya tahannya tidak lama, sehingga tidak bisa ditampung, paling lama 14 hari, berbeda dengan bahan pokok lainnya. Kalau daya tahannya lama, berarti bisa simpan di gudang," tuturnya.

Walaupun demikian, Kota mengakui pada Selasa 17 Mei telah tiba 10 kontener telur. Sembilan kontener langsung di distribusi ke sejumlah pasar tradisional di kota Ambon, seperti pasar Mardika, Batu Merah, dan Passo. Sedangkan satu kontener dibawa ke salah satu gudang distributor.

"Kemarin telur dilepas dengan harga 1800-1900 per butir," ucapnya.

Tak hanya itu, kata Jaya dari penjelasan Kepala Pelindo, Rabu 18 Mei telah masuk lagi telur yang dimuat dengan Kapal Tanto.

"Denga kedatangan sejumlah kontener telur yang dengan kapal Tanto ini, bisa mengatasi persoalan telur di kota Ambon, atau bisa menurun lagi dari harga Rp1800-1900 per butir yang telah distribusi 17 mei ke pasar tradisional," pungkasnya.
Ekonomi 8094317583571782128
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks