Ini Dua Tambahan Jalur Tol Laut Di Maluku 2022 | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Ini Dua Tambahan Jalur Tol Laut Di Maluku 2022


AMBON - BERITA MALUKU
. Kerja keras Dinas Perhubungan Maluku untuk memperluas jalur tol laut di bumi seribu pulau ini membuahkan hasil.


Di tahun 2022, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan kembali menambah dua jalur tol laut baru di Maluku, yaitu T-27 dan T-28.

T-27 melayari Merauke - pulau-pulau di Maluku, sedangkan T-28 Priuk Jakarta - Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat - Bula Kabupaten Seram Bagian Timur, setelah itu kembali ke Priuk.

"Kapal sudah siap tinggal jalan saja di tahun 2022. Untuk T-27 awalnya masuk dari merauke ke kupang, tapi karena perdagangan dengan kupang tidak ada, sehingga dia masuk ke Maluku. Apalagi Maluku-Merauke sudah ada hubungan bisnis," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhammad Malawat dikonfirmasi, Senin (06/12/2021).

Menindaklanjut hal tersebut, dirinya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten/kota guna mempersiapkan segala kebutuhan untuk muatan balik. Hal ini dimaksudkan agar jangan sampai kapal yang datang penuh, baliknya kosong.

"Dalam satu kapal bisa mengangkut 20 kontener, satu kontener bermuatan 18 ton. Berarti mereka harus konsulidasi muatan dengan memanfaatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pengumpul hasil alam," ucapnya.

Malawat, setiap daerah dapat memanfaatkan keberadaan kapal tol laut ini, selain untuk meningkatkan perekonomian, juga dapat mengentaskan kemiskinan.

"Bayangkan saja sekali dagang, misalnya kopra harga Rp8000, maka satu kontener bisa mencapai Rp144 juta sekali jalan. Itu pun satu konetener, kalau sampai 10 kontener dalam satu bulan dua kali masuk lebih besar lagi. Jadi kehadiran tol laut ini bisa mengentaskan kemiskinan di daerah termasuk di desa-desa," pungkasnya.
Aneka 141409202378724440
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks