RS Waisala Mubazir, Atapary: Lebih Baik Lengkapi Fasilitas Keesehatan Di RSU Piru | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

RS Waisala Mubazir, Atapary: Lebih Baik Lengkapi Fasilitas Keesehatan Di RSU Piru


AMBON - BERITA MALUKU.
Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Samson Atapary menilai Pembangunan Rumah Sakit (RS) oleh pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) di Waisala, Kecamatan Huamual Belakang, mubazir. 


"Kemarin kita juga ada sedikit kebingungan dengan kebijakan Pemda SBB untuk menyiapkan fasilitas kesehatan disana," ujar Atapary kepada wartawan di kantor DPRD Maluku, kemarin. 


Dikatakan, seharusnya anggaran untuk pembangunan RS Waisala diperuntukan untuk Rumah Sakit Umum (RSU) Piru, yang sampai saat ini masih kekurangan tenaga dokter maupun peralatan medis lainnya. 


"Mestinya anggaran itu diusulkan untuk melengkapi tenaga dokter dan fasilitas yang ada di RSU Piru, apa urgensi bangun RS disana," ucapnya. 


Menurut Atapary, kebijakan yang dilakukan Bupati Yasim Payapo dinilai tidak menjawab pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Mengingat selama ini, pasien melahirkan kronis harus dirujuk ke Ambon dikarenakan kekurangan fasilitas kesehatan. 


"Hal-hal kecil saja tidak ditangani, mestinya ada kebijakan yang harus dilakukan mengantisipasi, sehingga tidak tertumpuk di Ambon," ucapnya. 


"Uang miliaran rupiah kalau itu di konversi untuk peralatan memperkuat RS di Piru, sebenarnya sudah bisa maksimal untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat," tambahnya. 

  

Semestinya dari anggaran tersebut, kata wakil rakyat dari bumi saka mese nusa ini, selain untuk penambahan fasilitas, lebih baik pembangunan RS dilakukan di daerah pulau seperti Kelang dan Manipa.  


"Jangan lagi membangun di daratan seram karena RS di Piru, padahal jarak dari waisala ke Piru 30 menit. akhirnya dibangun sekarang sudah kembali mau rusak tidak ada perawatan dan tenaga medis disana, akhrnya mubazir," ungkapnya.


Dewan 5846760529383541803
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks