TBM Fedak Fena Gelar Aksi Lapak Baca Gratis untuk Tumbuhkan Budaya Membaca | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

TBM Fedak Fena Gelar Aksi Lapak Baca Gratis untuk Tumbuhkan Budaya Membaca


NAMROLE - BERITA MALUKU
. Pemuda Namrole Kabupaten Buru Selatan yang merasa terpanggil dan perduli pada Pendidikan, tergabung dalam Komunitas Taman Bacaan (TBM) Fedak Fena menggelar aksi budaya membaca bagi masyarakat.


Aksi membaca secara gratis yang dilaksanakan oleh TBM Fedak Fena yang diketuai oleh Majid Takimpi dan Acer Biloro sebagai Sekertaris, bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Buru Selatan ini bertempat di jalan protokol depan Kantor Bupati setempat, Minggu (7/3) kemarin.


Majid Takimpo didampingi Sekertarisnya Acer Biloro yang keduanya berlatar pendidikan Sarjana dibidang Pendidikan ini kepada media ini mengatakan, jumlah buku yang mereka sediakan saat ini sebanyak 210 buah buku bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.


"Tujuan kami dari TBM Fedak Fena membuka lapak baca gratis yaitu, untuk membudayakan minta baca kepada masyarakat di Buru Selatan," ujar Takimpo.


Takimpo menyadari sungguh bahwa, budaya membaca di masyarakat masih terasa minim. Dan ini merupakan kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Buru Selatan.


"Kami kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah untuk membantu menyediakan buku bagi kita, untuk aksi kegiatan ini," jelasnya.


Dikatakan, pihaknya telah merencanakan kegiatan ini jau hari sebelumnya, namun terkendala pada ketersediaan buku-buku, "alhamdulilah dari Dinas bisa membantu menyediakan buku-buku," ujar Takimpo.


Harapan dari aksi baca gratis kepada masyarakat ini jelas Takimpo, dengan adanya lapak baca gratis yang dilakukan oleh TBM Fedak Fena ini dapat menumbuhkan minat membaca dan budaya membaca bagi masyarakat yang ada di kabupaten Buru Selatan.


"Agar kita tidak miskin ilmu. Karena dengan banyak  membaca banyak hal akan kita ketahui," ucapnya.


Dikatakan, jika ingin pergi ke negara lain seperti negara Belanda atau negara Brasil tidak harus mengunjungi negara itu. Tetapi dengan membaca tentang perkembangan negara tesebut maka kita tahu tentang negara itu.


"Dengan membaca buku tentang negara tersebut maka kita bisa tahu tentang negara tersebut. Baik itu tentang politik, ekonomi maupun budaya, kita bisa tahu semua hanya melalui buku," ujarnya.


Lanjutnya, saat ini mereka masih banyak keterbatasan dengan jumlah buku dan  berharap bila ada masyarakat yang memiliki kepedulian yag sama seperti mereka, dengan senang hati menerima bantuan bantuan buku dari siapa saja.


"Aksi yang kami lakukan ini tidak saat ini saja, tetapi akan terus menerus setiap hari di waktu soreh hari, bertujuan untuk membudayakan membaca bagi masyarakat," pungkasnya," jelasnya.


Aksi ini mendapat respon positif dari beberapa masyarakat yang sedang berolahraga soreh. 


Salah satu anggota DPRD yang kebetulan melewati situ, Vence Titawael bersama anaknya berhenti dan ikut melihat-lihat. Sejumlah buku bacaan anak-anak menjadi perhatian anaknya dan membacanya. (AZMI)

Daerah 7312645709835560235
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks