Pemda KKT Bakal Siapkan TPU Khusus Covid-19 | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pemda KKT Bakal Siapkan TPU Khusus Covid-19


SAUMLAKI - BERITA MALUKU.
Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) bakal menyiapkan lahan sebagai tempat pemakaman khusus bagi yang meninggal dunia akibat Covid-19. Hal tersebut disampaikan Bupati Petrus Fatlolon, saat memimpin rapat Gugus Tugas percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar, Kewarbotan.


"Kita harus menyediakan sendiri untuk pemakaman. Apabila masyarakat tidak menerima kita sudah ada, kabupaten sudah menyiapkan," kata Bupati Fatlolon.


Penyiapan lahan TPU bagi pasien Covid ini, sebab pemerintah daerah merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat yang secara berjenjang mengikuti aturan serta instruksi dari atas ke bawah untuk selanjutnya dilaksanakan demi kemaslahatan masyarakat. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah pusat yang selanjutnya meneruskan kepada daerah agar melakukan dengan baik dan benar setiap prosedur penanganan Covid-19 di seluruh wilayah.


"Pandemik ini bukan lagi hanya tentang bencana lokal, melainkan merupakan bencana nasional, bahkan telah masuk hampir di seluruh wilayah negara-negara di dunia. Tentunya ini bukan lagi sebuah keadaan atau situasi yang biasa, melainkan diperlukan adanya tindakan antisipatif dan kepekaan dari pemerintah selaku aparat yang berwenang mengatur hajat hidup masyarakatnya" tandas Bupati. 


Lanjut dia, Kondisi saat ini, selain membawa dampak kesehatan, ekonomi, politik dan bidang lainnya, pandemik ini juga membawa dampak sosial yang sangat luas, diantaranya adalah penolakan pemakaman jenazah terjangkit virus corona atau positif pengidap Covid-19 di beberapa daerah, termasuk ibu kota Provinsi Maluku. Oleh karena itu, penyediaan lahan pemakaman jenazah Covid-19 ini, sebagai bentuk wujud tanggap darurat bencana. 


"Sekarang Ambon saja sudah menembus angka 2.500 orang positif Corona. Kabupaten kita yang semula zero angka Covid, sekarang sudah 29 orang. Kita perlu waspadai ini semua," ujarnya.


Terhadap lokasi dimana TPU khusus ini disediakan, Pemda belum menentukan. Dirinya meminta dinas lingkungan hidup untuk menyiapkan secara teknis. Dia menjelaskan upaya penyediaan pemakaman umum untuk pasien Covid-19 dilakukan karena di beberapa daerah muncul kasus penolakan jenazah oleh warga karena dianggap bisa menularkan virus corona jenis baru itu.


"Bijaknya masyarakat dapat berkontribusi secara nyata membantu pemda bersama dengan para tenaga medis dalam pemutusan mata rantai penyebaran virus tersebut dengan mengikuti setiap anjuran maupun imbauan yang ada. Bukannya malah menyebarkan keresahan maupun asumsi-asumsi provokatif yang tidak didasarkan pada sejumlah pertimbangan kebijakan protap penanganan Covid-19," pesan Bupati Fatlolon. (ys)

Tanimbar 9096634237955181765
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks