Antisipasi Penyebaran Covid-19, Puskesmas Dobo Lakukan Penyuluhan Keliling | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Puskesmas Dobo Lakukan Penyuluhan Keliling

DOBO - BERITA MALUKU. Sebagai upaya antisipasi penyebaran dan penularan virus corona atau Covid-19, Puskesmas Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru terus melancarkan penyuluhan keliling di Dobo, pusat ibukota Kabupaten Kepulauan Aru.

Jumat (3/4/2020) siang tadi, Satgas Penanganan Covid-19 dari Puskesmas Dobo turun lapangan menggunakan satu unit mobil pick up dari Polres Kepulauan Aru memberikan penyuluhan tentang pencegahan virus berbahaya ini pada beberapa titik dalam wilayah kerja mereka.

Kepala Puskesmas Dobo, Maria Karemy, SKM, dalam kegiatan penyuluhan keliling bersama tim satgas Covid-19 ini Puskesma Dobo menghimbau masyarakat memahami bahaya yang disebabkan oleh virus ini sehingga masyarakat harus sadar dan mengikuti aturan yang sudah dihimbau oleh pemerintah dan selalu mengedepankan pola hidup sehat sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona yang sudah memakan banyak korban di belahan dunia ini.

Dikatakan, cara menghilangkan virus corona, harus sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun dengan menggunakan air mengalir atau memakai antiseptik berbahan alkohol, menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin, menghindari kontak fisik langsung seperti berjabat tangan, kurangi aktivitas keluar rumah yang tidak perlu bila berada di luar rumah, jaga jarak lebih dari satu meter, dan hindari keramaian. Juga, terapkan etika batuk dan bersin yang benar (Tutup dengan tisu atau siku tangan).

Selain itu, masyarakat harus mengonsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah, olah raga teratur dan istirahat yang cukup, menjaga kebersihan lingkungan dan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari jika dari daerah terjangkit Covid -19.

Karemy menambahkan, pihaknya turut mensosialisasikan beberapa tanggapan klinis terjangkit virus corona. seperti demam, batuk, sesak nafas, pada kasus yang parah infeksi dapat menyebabkan kesulitan bernafas.

Dikatakan, timnya juga melakukan aksi pembagian selebaran dalam bentuk himbauan di semua rumah RT dalam lingkup Kelurahan Galaydubu, Kecamatan Pulau-Pulau Aru.

"Tadi tim kami bergabung bersama pihak kelurahan dan Polsek Pulau-Pulau Aru melakukan sosialisasi di pasar dan beberapa titik lainnya. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan mengedukasi kan hal-hal baik seputar pencegahan Wabah tersebut," tandas Karemy. (Iman)
Daerah 222137187206078675
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks