Komisi II Minta Distan Selesaikan Masalah Kelangkaan Pupuk di Aru | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Komisi II Minta Distan Selesaikan Masalah Kelangkaan Pupuk di Aru

AMBON - BERITA MALUKU. Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Saodah Tuanakotta/Tethool, meminta Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Maluku untuk memperhatikan masalah ketersedian pupuk di distributor hingga pengecer di Kabupaten Kepulauan Aru, agar tidak menyulitkan petani di kabupaten setempat, sehingga tanaman petani bisa membuahkan hasil panen yang memuaskan.

“Kita memang sudah melihat tanaman petani, dengan segala permasalahan di lapangan saat melakukan agenda pengawasan, dan akan melakukan rapat lanjutan usai pengawasan dengan dinas terkait, sehingga permasalahan pupuk dapat terpecahkan. Memang dari penjelasan pendamping dinas ada berbagai masalah yang ditemui oleh pengecer pupuk, terutama soal harga yang telah ditetapkan dan tingginya biaya transportasi,” beber Tethool saat dihubungi wartawan, dari Ambon, Senin (17/2).

Menurutnya, Dinas Pertanian Provinsi Maluku maupun Kabupaten Kepulauan Aru, harus  segera mencari solusi untuk menyelesaikan masalah dimaksud.

Masih menurut dia, Pemerintah Provinsi Maluku bisa fokus ke Kabupaten Aru dengan menaikan anggaran program. Pasalnya, Tethool menilai, anggaran yang dikucurkan masuk ke Kabupaten Kepulauan Aru terlalu kecil, sehingga belum bisa berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat, terutama untuk mengurangi angka kemiskinan di Maluku sesuai visi dan misi Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno.

Untuk diketahui, petani cabai rawit di Desa Durjela Kilo 8 Kota Aru, Kabupaten Kepulauan Aru mengeluh, lantaran mereka kesulitan mendapatkan pupuk untuk tanaman. Akibatnya, banyak tanaman cabai rawit milik mereka yang rusak hingga mati, lantaran diserang hama.

Dewan 3183917956526469020
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang