Tingkatkan Perikanan Maluku, Pemprov Akan Sampaikan Sejumlah Program ke Pempus | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tingkatkan Perikanan Maluku, Pemprov Akan Sampaikan Sejumlah Program ke Pempus

AMBON - BERITA MALUKU. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku akan mengusulkan sejumlah program kepada Pemerintah Pusat (Pempus) lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Usulan tersebut akan diusulkan kepada seluruh Direktorat Jenderal (Dirjen) yang ada di kementerian strategis itu. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (PLT) Kepala DKP Provinsi Maluku, Abdul Haris Anwar saat rapat kerja bersama Komisi II DPRD Provinsi Maluku dalam rangka membicarakan hasil penyampaian aspirasi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta, yang digelar di ruang Komisi II, Selasa (14/1).

Menurutnya, program-progran yang diusulkan tersebut merupakan rekomendasi dari Gubernur Maluku, Murad Ismail. Program-program tersebut diantaranya, pemberdayaan masyarakat melalui pancing tonda, pengadaan kapal penangkap ikan, pengembangan dan pelatihan perikanan, serta fasilitas asuransi bagi nelayan.

"Dan semua itu sudah disetujui. Selain program itu, ada juga program-program yang lain seperti, budidaya ikan lele, kebun rumput laut, benih ikan, bibit rumput laut, kapal pengawas dan kelompok pengawas yang terdiri dari nelayan sendiri," kata Abdul Haris.

Pihaknya juga, kata dia, meminta kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk merehabilitasi 4 unit pabrik es, yang berada di Kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Tenggara Tengah (Malteng).

"Kami juga meminta untuk ada bantuan cold storage yang merupakan sebuah ruangan yang akan dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu dan akan digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk dengan tujuan untuk mempertahankan kesegaran. Ada juga cold box, freezer, kendaraan pendingin dan tambatan perahu," tandas Abdul Haris.
Dewan 6311168882529088561
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang