Lantamal IX Terima Sosialisasi Siber dan Pengamanan TNI AL | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Terima Sosialisasi Siber dan Pengamanan TNI AL

AMBON - BERITA MALUKU. Pangakalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX menerima Sosialisasi Siber dan Pengamanan TNI AL Tahun Anggaran 2019 oleh Tim Siber Dispamal kepada seluruh anggota Lantamal IX bertempat di gedung Manggala Loka Lantamal IX, Selasa (05/11/2019).

Sosialisasi ini dalam rangka menghadapi era globalisasi akibat ancaman saat ini, tidak hanya berasal dari aspek militer dan fisik semata, melainkan juga datang dari ancaman non militer dan non fisik salah satunya adalah ancaman dunia maya yang disebut dengan peperangan Cyber Atau Cyber War.

Tim Sosialisasi Siber dan Pengamanan TNI AL antara lain, Kalabpamsisjar, Kolonel Laut (E) HA. Danang Rimbawa, S.Si, M.T., Kasi Sutmar Dispamal Letkol Laut (E) Agusthinus Eliaser, M.Tr. Hanla, M.T., Kasi Lidla Dispamal Mayor laut (P) Dedi Andriyanto, S.H., Kasubsilabkatras Mayor Laut (E) Cornelis Dehocman, S. Kom., Paur Gulih Lettu Laut (KH) Deni E. S.

Dalam Sambutan Komandan Lantamal IX, Laksmana Pertama TNI Budi Purwanto S.T., M.M., mengucapkan selamat datang kepada tim sosialisasi dari Mabes TNI AL serta mengucapkan terima kasih atas kunjungannya di Lantamal IX tahun ini, seperti kita ketahui bersama bahwa dalam perkembangan teknologi informasi saat ini banyak sekali kejahatan dalam dunia internet atau yang disebut dengan Cybercrime.

Dalam menghadapi tantangan perubahan zaman pola intelijen klasik berupa human intelijen semata sudah tidak bisa mengirim catatan perkembangan zaman oleh karena itu pula intelijen saat ini adalah menggunakan media siber atau yang disebut Cyber Intelijen. pergeseran ini terjadi akibat penggunaan teknologi informasi yang masif khususnya internet dan media sosial keadaan ini menyebabkan informasi lebih banyak beredar di internet contohnya penggunaan Facebook, Whatsapp, Twitter dan lainnya.

Selain itu, pada amanat Aspam Kasal yang dibacakan Kalabpamsisjar menambahkan bahwa dengan perkembangan teknologi komunikasi dan internet saat ini yang begitu masif dan cepat hampir semua kalangan masyarakat Indonesia menggunakan internet dalam hidup sehari-hari hal ini telah berimplikasi dengan semakin cepat dan terbukanya penyebaran informasi dan data.

Lebih lanjut dikatakan, kelahiran dunia maya ibarat pisau bermata dua apabila kita mampu menggunakannya untuk hal-hal yang positif maka dunia maya akan memberikan manfaat yang besar namun sebaliknya dunia maya juga bisa menjadi sumber malapetaka bagi siapa saja yang menyalahgunakan untuk kepentingan yang tidak baik dan merugikan seperti penyebaran berita bohong penyebaran ujaran kebencian penyebaran paham radikalisme dan terorisme

Dalam mengantisipasi terjadi perang Cyber Atau Cyber War yang dapat mengancam pertahanan keamanan dan kedaulatan NKRI TNI Angkatan Laut harus berperan aktif dan tidak hanya dituntut profesional dan mahir dalam menggunakan alutsista namun juga harus memiliki kemampuan yang handal dalam menghadapi ancaman di dunia maya oleh karena itu melalui peran satuan laboratorium pengamanan sistem dan jaringan sejajar yang merupakan bagian siber TNI.

Hadir dalam kegiatan Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono, Para Asisten Danlantamal IX, Dansatrol Lantamal IX, Para Kasatker Lantamal IX, Ketua Korcab IX DJA III, Para pengurus Korcab IX DJA III, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal IX serta Para prajurit Yonmarhanlan IX. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 4196084679007612559
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang