Pangdam Pattimura Buka Kegiatan Advokasi Penananggulangan HIV-Aids | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pangdam Pattimura Buka Kegiatan Advokasi Penananggulangan HIV-Aids

AMBON - BERITA MALUKU. Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq didampingi Kapuskesad Mayjen TNI Dr dr. Tugas Ratmono SP.S. M.A.R.S., M.H, membuka secara resmi kegiatan Advokasi Dansat Tentang Penangulangan HIV-AIDS di Jajaran Kodam XVI/Pattimura, bertempat di Aula Sudirman Makodam XVI/Pattimura, Selasa (10/11/2019).

Kapuskesad Mayjen TNI Dr dr. Tugas Ratmono SP.S. M.A.R.S., M.H., dalam sambutannya mengatakan, perkembangan kasus HIV-AIDS dari tahun ketahun semakin meningkat. Termasuk di lingkungan TNI AD, jumlah kasus baru sampai Semester I Tahun 2019 sebanyak 1340 kasus.

Kapuskesad berharap, melalui Adovaksi Penanggulangan HIV-AIDS ini para unsur pimpinan dapat memahami fungsi dan perannya sebagai Dansat dalam rangka upaya penanggulangan HIV-AIDS, khususnya di wilayah Kodam XVI/Pattimura dan TNI AD umumnya.

“Jadikan kesempatan ini sebagai pengalaman dan tambahan bekal ilmu pengetahuan yang berharga dalam mendukung pelaksanaan pembinaan di kesatuan masing-masing, kata Kapuskesad.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq juga mengatakan, kegiatan Advokasi Penanggulangan HIV-AIDS merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan peran aktif Dansat dalam penanggulangan HIV-AIDS, guna mengurangi dan mencegah pengaruh dan penyebaran HIV-AIDS di kalangan prajurit.

Lebih lanjut dikatakan, perkembangan kasus HIV-AIDS di wilayah Kodam XVI/Pattimura semakin menurun, dengan jumlah penderita mulai dari tahun 2015 s.d 2019 sebanyak 29 orang dengan data, tahun 2015 sebanyak 15 orang, tahun 2016 sebanyak 5 orang, tahun 2017 sebanyak 5 orang, tahun 2018, 3 orang dan tahun 2019 sebanyak 1 orang.

“Peran Komandan Satuan sangat penting dalam penanggulangan HIV-AIDS. Oleh karena itu, ikuti dan laksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab agar dapat memahami langkah-langkah dan upaya penanggulangan dan HIV-AIDS dengan benar dan tepat sehingga dapat meminimalisir penyebaran HIV-AIDS di lingkungan prajurit, PNS dan keluarga maupun satuan”, kata Pangdam.

Kegiatan dihadiri oleh Kasdam XVI/Pattimura, Kepala Dinas Kesehatan Prov Maluku dan KPA Prov Maluku, Irdam, Danrem 151/Binaiya, Kapok Sahli, Para Pa Ahli Pangdam, Danrindam, Para Pa Ahli, PA LO AL dan AU, Para Asisten serta Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura. (Pendam16)
TNI-Polri 9091634837815089016
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang