Kodam Pattimura Gelar Program Penghijauan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Kodam Pattimura Gelar Program Penghijauan

AMBON - BERITA MALUKU. Jelang peringatan HUT TNI Ke 74 pada 05 Oktober 2019 mendatang, TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura berkontribusi nyata dengan menggelar program penghijauan lingkungan di berbagai lokasi di dalam wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara, Kamis (19/9/2019).

Kegiatan ini dipimpin langsung Pangdam XVI/ Pattimura bersama jajarannya dan elemen kampus serta berbagai unsur masyarakat lainnya dengan menanam lebih dari 1.000 pohon di lahan sekitar Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon.

Kegiatan yang dimotori Kodam XVI/Pattimura juga menggandeng Kampus IAIN dan Paguyuban Budiasi di Ambon, merupakan program Serbuan Teritorial yang dilaksanakan selama dua bulan yaitu pada bulan September dan Oktober 2019.

Beragam jenis pohon yang ditanam dalam aksi bertema “Satu Dunia, Satu Kehidupan dan Satu Kesempatan Untuk Menjaganya”, diantaranya pohon seperti palaka, sukun, samama, miranti, kenari, cempedak, durian, bakau dll.

Dalam rombongan Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq juga ikut serta Ketua Dharma Pertiwi Daerah Q Ny. Nida Marga Taufiq.

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura kepada media ini menyeutkan, Kegiatan penghijauan yang diinisiasi Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, dimaksudkan sebagai upaya mengembalikan kejayaan Provinsi Maluku yang sudah lama dikenal memiliki segudang kekayaan khas berupa potensi keindahan alam, dan aneka tanaman legendaris atau pohon-pohon langka yang bernilai ekonomi tinggi diantaranya pohon pala, cengkeh, samama, pohon kayu besi, pohon linggua dan pohon torem.

Disebutkan, bahwa salah satu tugas dan peran utama TNI di masa damai adalah menjaga ketahanan nasional, dalam hal ini menyangkut ipoleksosbudhankam, salah satunya dengan kegiatan penghijauan. Penghijauan sebagaimana diketahui sangat berpengaruh dalam kemaslahatan dan kesejahteraan bagi seluruh manusia di sini dan dimanapun.

“Dari berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74, kita fokuskan ke penghijauan, secara serius. Kita lakukan kegiatan secara lokal tapi semoga ini akan berdampak pada kepentingan global,” tandas Pangdam.

Tema ini dipilih dengan harapan  besar agar bisa memunculkan semangat sadar lingkungan pada masyarakat Maluku khususnya  generasi muda dari semua elemen yang berada di Pulau Ambon. Disamping juga bertujuan mengembangkan dan meningkatkan program penghijauan Pemerintah di Bumi Raja-Raja.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta menanam sekaligus memelihara pohon-pohon termasuk pohon mangrove yang ada di Teluk Ambon,” kata Pangdam.

Lebih jauh Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq mengharapkan, agar semua tanaman penghijauan itu dapat tumbuh dengan subur dan dapat menghijaukan lingkungan di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Sejak diinisiasi Mayjen TNI Marga Taufiq pada awal 2019 hingga saat ini sudah lebih dari 2500 bibit pohon yang telah ditanam di seluruh wilayah jajaran Kodam XVI/Pattimura. Inisiatif penanaman pohon ini, tegas Mayjen TNI Marga Taufiq akan terus dilanjutkan sehingga secara kuantitas akan lebih banyak lagi pohon yang tumbuh di masa depan. (Pendam16)
TNI-Polri 2881736781978867170
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks