Pemkab Malra Konsultasi RPJMD Bersama Pemprov Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pemkab Malra Konsultasi RPJMD Bersama Pemprov Maluku

Djalaludin Salampessy
AMBON - BERITA MALUKU. Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) melakukan konsultasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bersama pemerintah provinsi Maluku, berlangsung di ruang rapat lantai II, kantor Gubernur Maluku, Senin (5/8/2019).

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku, Djalaludin Salampessy, kepada awak media mengatakan, konsultasi RPJMD yang dilakukan Pemkab Malra dalam rangka sinergi dan kolaborasi program.

Mengingat, kata dia, perencanaan itu tidak bisa berjalan sendiri, harus melibatkan stakholders terkait, di tingkatan pemerintahan.

"Karena ini adalah moment dimana konsultasi dilakukan, maka seluruh stakholders terkait harus dilibatkan, sehingga OPD yang terlibat akan memberikan kontribusi dalam rangka sinergi program, kolaborasi lalu adaptasi terkait mekanisme yang harus menjadi perhatian," tuturnya.

Dirinya mengutarakan, hal-hal penting yang harus dimasukan dalam RPJMD diantaranya, kajian lingkungan hidup strategis, standar pelayanan minimal, serta beberapa point terkait tujuan pembangunan berkelanjutan.

Menurutnya, tujuan pembangunan berkelanjutan tidak disusun tingkat kabupaten/kota, melainkan di provinsi, sesuai data yang disampaikan oleh kabupaten/kota, dengan memberikan data terkait dengan 17 goals, 169 target, dan 300 lebih indikator.

"Inilah kemudian yang harus tertuang disetiap dokumen perencanaan termasuk dokumen RPJMD Maluku Tenggara," pungkasnya.

Selain Maluku Tenggara, kata Djalaludin, sebelumnya juga pemerintah kota Tual sudah melakukan konsultasi RPJMD.

"Selain kabupaten Maluku Tenggara, sebelumnya Kota Tual sudah melakukan konsultasi," cetusnya.
Pemprov 5306831412520822404
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks