Kodam Pattimura Dukung Deklarasi “Relawan Jaga Alam” | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kodam Pattimura Dukung Deklarasi “Relawan Jaga Alam”

AMBON - BERITA MALUKU. “Katong Jaga Alam, Alam Jaga Katong” merupakan jargon yang diangkat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Merawat alam merupakan salah satu bentuk strategi dalam upaya mitigasi dalam menghadapi bencana. Latar belakang ini mendorong Seluruh Stakeholder yang ada di Provinsi Maluku untuk menggelar deklarasi “Relawan Jaga Alam" yang bertempat di Negeri Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan tersebut digelar untuk menumbuhkan lagi kepedulian kita dalam menjaga alam di sekitar kita. Bentuk deklarasi diwujudkan dalam pembacaan janji sukarelawan yang diikuti oleh semua sukarelawan yang hadir. Janji sukarelawan dibacakan oleh perwakilan sukarelawan Siswa SMP Negeri Hatu, Selasa (9/4/2019).

Adapun janji tersebut berbunyi : Dengan ini kami menyatakan komitmen bersama untuk terus melestarikan ekosistem, menjadi lahan lebih hijau dan produktif, menjaga lingkungan hidup yang sehat dan nyaman serta mengurangi sampah pastik. Mempastikan pendidikan penyadaran tentang bencana setara dan berkelanjutan sehingga semua anggota keluarga dan masyarakat memiliki kesiapsiagaan da tanggu menghadap bencana. Berkomitmen mendukung dan melakukan pembangunan yang berkelanjutan mulai upaya mitigasi dan adaptasi pada perubahan Iklim yang berbasis masyarakat sehingga provinsi Maluku tetap lestari, aman dan nyaman.

Deklarasi ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq selaku Pangdam XVI/Pattimura.

Selain pembacaan deklarasi, demontrasi penggulangan bencana juga digelar oleh Pramuka dan Srikandi Maluku. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Farida Salampessy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, Letjen TNI Doni Monardo.

Dalam sambutannya, Kepala BPBN RI mengatakan sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga dan merawat lingkungan, mengingat Pulau Ambon ialah Pulau yang sangat indah sehingga kita harus selalu jaga dengan baik.

“Akhir kata katong jaga alam, alam jaga katong,” ujar Kepala BNPB. (Pendam16)
TNI-Polri 1325554261821252300
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang