Lantamal IX Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional M.C. Tiahahu ke 201 | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional M.C. Tiahahu ke 201

BERITA MALUKU - AMBON. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon telah mengikuti upacara peringatan hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu ke – 201, kegiatan upacara dilaksanakan di dua tempat yakni di Monumen Martha Christina Tiahahu Karang Panjang Ambon Sirimau Kota Ambon dan Tabur Bunga di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Wakil Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahuburua, S.H., M.H pada Rabu kemarin (02/01/2019).

Kegiatan tersebut melibatkan 1 SST Staf Pemprov Maluku, 1 SST Korsik, 1 SST gabungan Pamen TNI/Polri, 1 SST gabungan Pama TNI/Polri, 1 SST gabungan Wan TNI/Polri, 1 SST gabungan TNI/Polri dan 1 SST ASN Pemprov Maluku.

Gubernur Maluku Ir. H. Said Assagaff dalam sambutannya dibacakan irup mengatakan, bahwa hari ini kita kembali membangkitkan spirit perjuangan pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu, seorang Srikandi Maluku gagah berani yang rela berkorban untuk emansipasi harkat dan martabat bangsanya. Hari ini kita kobarkan lagi jiwa kabaresi Putri Nusalaut yang tak kalah 201 tahun lalu bisa meruntuhkan keangkuhan penjajah hanya dengan bermodalkan tombak. Keberhasilan Martha Christina Tijahahu dalam melawan tirani kekuasaan dan Monopoli ekonomi kolonial yang menyengsarakan dan memiskinkan rakyat Maluku kalau itu adalah sebuah keberhasilan perjuangan luhur untuk membela kemanusiaan, Srikandi Maluku ini bangkit melawan penjajah untuk mempertahankan hak dan kedaulatan - kedaulatan Negerinya.

Lebih lanjut dikatakan upacara peringatan ini untuk mengenang kembali semangat heroisme Martha Christina Tijahahu pada hari ini sudah Tina menjadi momentum untuk setiap anak negeri ini kembali berefleksi tentang kebesaran jiwa sang pahlawan yang rela berjuang dan berkorban demi bangsa nya tanpa mengharapkan apa-apa. Untuk itulah saya mengajak segenap jajaran Pemerintah Daerah Povinsi dan Kabupaten/Kota bersama seluruh komponen bangsa, dan masyarakat Maluku Mari sama-sama kita berjuang dan terus berkarya untuk mewujudkan Maluku yang rukun, religius, damai, sejahtera, aman, berkualitas, dan demokratis dijiwai semangat siwalima berbasis kepulauan secara berkelanjutan.

Hadir dalam kegiatan Danlantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang beserta Ibu, Kabinda Maluku Brigjen TNI Agus Yulianto, Kajati Maluku Triyono Haryanto, Danrem 151/BNY Kolonel Inf Hartono, Dansat Brimob Kombes Pol. M. Guntur, Para Asisten Pangdam XVI/PTM serta para Asisten Danlantamal IX. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 5771193483044824049
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks