Lantamal IX Gelar Makan Ikan Bersama Peringati HUT Yayasan Hang Tuah ke 72 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Gelar Makan Ikan Bersama Peringati HUT Yayasan Hang Tuah ke 72

BERITA MALUKU - AMBON. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Yayasan Hang Tuah ke 72 tahun 2019 Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon melaksanakan kegiatan makan ikan bersama. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Manggala Loka Lantamal IX Ambon, Senin (14/01/2019).

Selaku Ibu Pengawas Yayasan Hang Tuah Cabang Ambon, Ny. Antongan Simatupang mengatakan, bahwa seperti kita ketahui bersama gerakan memasyarakatkan makan ikan atau “Gemraikan” diluncurkan pertama kali oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 4 April 2014. Gerakan makan ikan merupakan momentum yang sangat penting dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang kuat, sehat, cerdas dan berpenampilan prima sekaligus membangun karakter bangsa, yakni mencerdaskan masyarakat secara fisik dan mental.

“Gemarikan” sebagai gerakan nasional dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, swasta, LSM, Organisasi kemasyarakatan, Lembaga Keagamaan termasuk pelaku usaha.

Ruang lingkup “Gemarika” adalah penyebarluasan informasi dan penguatan edukasi kepada masyarakat luas tentang ikan dan manfaatnya bagi kesehatan, kekuatan, dan kecerdasan melalui berbagai kegiatan promosi, pemberian makan tambahan berbahan baku ikan, ceramah / seminar / symposium manfaat makan ikan, penyebarluasan materi promosi keikutsertaan pada pameran, iklan layanan masyarakat, talkshow serta lomba masak serba ikan.

Lebih lanjut dikatakan, gerakan makan ikan dilaksanakan diseluruh Indonesia, terutama pada daerah perdesaan dan perkotaan dengan tingkat konsumsi ikan rendah dan daerah dengan kasus gizi buruk atau rawan pangan serta daerah khusus sesuai kepentingan. Dengan target massa seluruh unsur masyarakat seperti ibu hamil, ibu menyusui, balita, anak sekolah, LSM dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Dengan adanya program gemarikan diharapkan masyarakat Indonesia akan memperoleh asupan nutrisi dari sumber pangan ikan yang kaya gizi menguatkan menyehatkan dan mencerdaskan. Disamping itu diharapkan pula dapat mewujudkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan, pembudidaya, pengelola dan pemasaran hasil perikanan melalui peningkatan rata - rata konsumsi ikan.

“Upaya meningkatkan gizi masyarakat Indonesia serta minat untuk mengkonsumsi ikan perlu terus ditingkatkan, sesuai dengan tema kita kali ini “Beta Sehat, Beta Kuat Karena Makan Ikan”. “Ujar, Pengawas Yayasan Hang Tuah Cabang Ambon.

Hadir dalam kegiatan  Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono, Para Asisten Danlantamal IX, Para Kasatker Lantamal IX, Pengurus Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III, Ketua Yayasan SMP, SD, TK dan PAUD, Para Guru Yayasan Hang Tuah serta siswa siswi Hang Tuah. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 1677674991076593907
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang