KONI Bursel Akan Laksanakan Iven Gala Desa Perebutkan Piala Menpora | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

KONI Bursel Akan Laksanakan Iven Gala Desa Perebutkan Piala Menpora

BERITA MALUKU. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan melaksanakan kegiatan Gala Desa memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 22 Oktober 2018 di Namrole, ibukota Kabupaten Bursel.

Sekertaris KONI Bursel, Arsad Souwakil, Jumat (12/10/2018) mengatakan, kegiatan Gala Desa merupakan program Menpora, dan untuk hal itu, pihaknya telah membentuk panitia teknis.

Souwakil menjelaskan, kegiatan Gala Desa ini adalah kegiatan olahraga yang baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten ini.

Dikatakan, pihak panitia telah dibentuk berdasarkan SK Bupati. Dan anggaran kegiatan Gala Desa ini berasal dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini dari Menpora.

"Sifat kegiatan ini ada di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora). Cuman ada kordinasi dengan KONI, ada empat Cabang yang dilibatkan untuk membentuk satu panitia," jelas Souwakil.

Dikatakan, sebagai koordinator panitia, dirinya telah berapat untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan turnamen antara lain sepak bola.

"Sepak bola rencana kami usia dibawa umur 18 tahun, kami juga mencari bibit (sepak bola)," ujarnya.

Selain sepak bola, juga ada pertandingan bola volly putra-putri, tenis meja dan atletik. Ada enam cabang olah raga tetapi hanya empat yang dilaksanakan di kabupaten/kota.

Dikatakan, di Provinsi Maluku, ada empat kabupaten yang melaksanakan kegiatan Gala Desa ini termasuk Buru Selatan.

Persiapan panitia suda mencapai 50 persen. Jelas Souwakil, lapangan bola voly akan berlangsung di Gor halaman kantor KONI, tenis meja di Sekertariat KONI dan gedung serba guna. Untuk atletik ada pilihan, apakah depan kantor bupati atau di desa Wali.

Guna menunjang kegiatan Gala Desa ini, dikatakan bahwa panitia telah menyurati para capat dan kepala desa untuk mengikutkan masyarakatkat yang berpotensi dalam olahraga yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2018 mendatang.

Apakah sudah ada yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini, kata Souwakil, surat pemberitahuan sudah disampaikan ke seluruh camat dan kepala desa dan belum ada yang mendaftar.

"Rencana (buka pendaftaran) tanggal 14 Oktober ini, kalau dari usia yang kita siapkan/di minta itu tidak siap, kemungkinan kita buka untuk umum," jelasnya.

Untuk iven Gala Desa yang dilaksanakan ini menperebutkan Piala Menpora. Di tahun akan datang, katanya, akan dilakukan Kejurda untuk piala Bupati. Kegiatan Gala Desa ini sendiri akan dilaksanakan setiap tahun. (AZMI)

Olahraga 4289094853059554860

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang