Lantamal IX Gelar Pengobatan Gratis dan Komsos di Negeri Hutumuri | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Gelar Pengobatan Gratis dan Komsos di Negeri Hutumuri

BERITA MALUKU. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon kembali memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di Desa Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon. Kegiatan yang terpusat di Kantor Pemerintahan Negeri Hutumuri itu digelar atas kerjasama Lantamal IX, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maluku dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Baguala Ambon, Selasa (10/7/2018).

Pada sambutan Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang yang dibacakan oleh Asisten Intelijen (Asintel) Danlantamal IX Kolonel Laut (KH) Yus Hariyanto mengatakan kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan ini memiliki arti penting sebagai salah satu upaya TNI untuk meningkatkan jalinan komunikasi sosial yang lebih harmonis dengan seluruh komponen masyarakat.

“Bhakti sosial TNI tahun 2018 ini merupakan perwujudan dan bentuk kepedulian sosial TNI, khususnya TNI Angkatan Laut dalam peran serta membantu pemerintah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir tanpa melihat suku, agama, ras maupun golongan dalam rangka memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat”, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan bhakti sosial ini diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi kita bersama terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Maluku khususnya di Desa Hutumuri ini. Jika masyarakat sehat, maka mereka akan kuat dan dapat bekerja untuk menghidupi keluarganya, sedangkan anak-anak yang sehat akan dapat belajar dengan baik sehingga secara bertahap akan dapat mensejahterakan masyarakat.

Dalam sambutan itu, Danlantamal IX juga menjelaskan beberapa rangkaian kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan antara lain pengobatan umum, gigi, bedah, pengobatan ibu/anak, pemeriksaan KB dan lain-lain. Selain itu dilaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dalam rangka pembinaan nelayan di daerah pesisir.

Masyarakat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan, mereka rela mengantri sejak pagi untuk mendapatkan pengobatan gratis yang diberikan. Pada saat dibuka hingga ditutup pendaftaran, tercatat sebanyak 249 masyarakat Hutumuri yang mendaftar dan mendapat pelayanan kesehatan meliputi pelayanan kesehatan umum sebanyak 205 orang, pelayanan kesehatan gigi 27 orang, bedah 5 orang dan Obsgyn 12 orang.

Selain memberikan pengobatan gratis, Lantamal IX juga memberikan penyuluhan melalui kegiatan komunikasi sosial yang diikuti oleh masyarakat nelayan yang berada di Desa Hutumuri. Komsos digelar di Gedung Orsos Negeri Hutumuri dengan mengangkat tema melalui Komsos kita jalin silahturahmi antara TNI dengan masyarakat nelayan Negeri Hutumuri dalam rangka pembinaan nelayan di daerah pesisir.

Dalam Komsos itu masyarakat diberi penyuluhan tentang peraturan hukum di laut, penangkapan ikan dan pelayaran. Selain itu, masyarakat juga diberikan sosialisasi tentang bela Negara, pengawasan muatan kapal ikan (illegal fishing), kesehatan penyelaman serta pelestarian lingkungan laut dan pesisir. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 7520810940255549352
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks