Pangdam Pattimura Tutup Ton Tangkas | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pangdam Pattimura Tutup Ton Tangkas

BERITA MALUKU. Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto secara resmi menutup Lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) Kodam XVI/Pattimura Tahun 2018, bertempat di Lapangan Mako Rindam XVI/Pattimura di Desa Suli, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (8/3/2018).

Pangdam dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada para pemenang, dan berpesan agar tidak berpuas diri yang berlebihan.

"Bagi para pemenang, prestasi yang telah dicapai harus tetap dipelihara dan ditingkatkan. Bagi peserta yang belum berhasil meraih prestasi terbaik agar menjadikan pengalaman lomba ini sebagai pemicu semangat untuk berusaha dan berlatih lebih keras, sehingga pada Lomba Peleton Tangkas periode berikutnya dapat merebut gelar juara," katanya.

Menurut Pangdam Suko, pembinaan satuan (Binsat) yang benar akan menghasilkan kualitas kemampuan perorangan yang tinggi, serta kekompakan dan kerja sama satuan yang baik antara unsur pimpinan dan anak buah. Perpaduan dari kemampuan dan kekompakan itulah yang akan sangat menentukan capaian prestasi selama kegiatan Lomba Peleton Tangkas.

Tujuan diadakannya perlombaan Ton Tangkas adalah untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan satuan yang siap operasional, guna melaksanakan tugas pokok. Selain itu juga sebagai indikator untuk mengukur hasil Binsat dan salah satu tehnik pengawasan langsung terhadap pelaksanaan Binsat.

Lomba Ton Tangkas Kodam Pattimura Tahun 2018 berlangsung selama lima hari, 3-8 Maret, melombakan beberapa materi seperti Materi Menembak yang terdiri dari menembak Senapan jarak 100 meter dan Menembak Pistol, Materi Bidang Oramil antara lain Cross Country, Renang Militer, Halang Rintang dan Kesegaran Jasmani "A" Lari 3200 meter.

Selanjutnya Materi Militer Taktik dan Tekhnik diantaranya Teori dan Praktek Ilmu Medan serta HTF yaitu Naik Togle, Turun Hesty, Jembatan Tali Tiga, Peluncuran, Rayapan Tali Satu, Jaring Pendarat, Snapling, dan Lempika (Lempar Pisau Kampak).

Lomba diikuti oleh 12 Tim yang mewakili masing-masing Satuan Tempur (Satpur) maupun Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang ada di Kodam XVI/Pattimura, 6 peleton dari Satuan Yonif Raider 733/Masariku, 2 peleton dari Satuan Yonif 731/Kabaresi, 2 peleton dari Satuan Denkav 5/BLC dan 2 Peleton dari Satuan Denzipur 5/CMG.

Dari pertandigan-pertandingan yang dilaksanakan, keluar sebagai Juara Umum yaitu Pleton I A Yonif Raider Raider 733/Masariku dengan jumlah poin 112, Juara II diraih oleh Peleton II A Yonif Raider 733/Masariku dengan perolehan poin 84 dan juara III diarih oleh Peleton I Yonif 731/Kabaresi dengan perolehan poin 81.

Adapun nilai terbaik tiap-tiap materi, pada materi Renmil diraih oleh Serda Simson Olof Asal satuan Yonif Raider 733/Masariku dengan catatan waktu 52 detik, pada materi garjas A diraih oleh Prada La Samsu asal satuan Denkav 5/BLC dengan catatan waktu 10 menit 59 detik, pada materi menembak pistol diraih oleh Lettu Inf Andi Jaka asal satuan Yonif Raider 733/Masariku dengan nilai 86.00.

Pada materi Lintas Medan diraih oleh Pratu La Iyo asal satuan Yonif Raider 733/Masariku dengan catatan waktu 28 menit 40 detik, pada materi How To Find The Fighter (HTF) diraih oleh Serda Victor asal satuan Denkav 5/BLC dengan catatan waktu 1 jam 26 menit 45 detik, pada materi menembak senapan diraih oleh Praka Said Tomia asal satuan Yonif 731 Kabaresi dengan poin 281.007 dan pada materi Ilmu Medan diraih oleh Danyon Yonif Raider 733/Masariku Mayor Inf Nyarman dengan perolehan nilai 793,997.

Upacara penutupan Lomba Ton Tangkas Kodam XVI/Pattimura 2018 dihadiri oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, Danrem 151/Bny Kolonel Inf Christian Tehuteru, Para Asisten, Kabalakdam XVI/Pattimura, Para Dansat Jajaran Kodam XVI/Pattimura, Para Kabag dan Dansadik Rindam XVI/Pattimura.
TNI-Polri 2940881348446172716
Beranda item

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang