Pangdam Pattimura Laksanakan Kunjungan Kerja ke Maluku Tenggara Barat | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pangdam Pattimura Laksanakan Kunjungan Kerja ke Maluku Tenggara Barat

BERITA MALUKU. Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto beserta rombongan, melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Maluku Tenggara Barat (MTB), Kamis 1/3/2018) dalam rangka meninjau lokasi pembangunan Satuan Militer yaitu Batalyon Komposit di Desa Lorulung dan Desa Lauran Kecamatan Wertamrian.

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura kepada media ini, Jumat (2/3/2018) menyebutkan, Pangdam dan rombongan antara lain Asintel Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf R.Suranto, Asops Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Eppy Gustiawan,Sip dan Danpomdam XVI/Pattimura Kolonel Cpm Widyo Wahyono.

Mereka saat tiba di Bandar Udara Mathilda Batleyeri, disambut oleh Danrem 151/Binaiya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru, Dandim 1507/Saumlaki Letkol Inf Ryan Heryawan, Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Edi Krisdianto, Kapolres MTB AKBP Raymundhus Andhi Hedianto,S.Ik, Perwakilan Satradar 245/Nifmasbulur Mayor Lek Andhika Ari.W, Danyonif 734/SNS Mayor Inf Christian Mario Noya, Wakapolres MTB Kompol S.Melsasail, Kasdim 1507/Saumlaki Mayor Inf La Wiriadi S,ST, Dansub Denpom XVI 2-3/Saumlaki Kapten Cpm Ronnie WB, Wakil Bupati MTB Agustinus Utuwally,S.Sos, Asisten 3 Sekda MTB Reinhard Matatula dan Kabag Umum Pemda MTB Rano Titirloloby, bertempat di ruang transit Bandar Udara Mathilda Batlayeri.

Sebelum meninjau lokasi, Pangdam beserta rombongan menuju Makoyonif 734/SNS dan memberikan pengarahan kepada Prajurit dan PNS kodim 1507/Saumlaki, Yonif 734/SNS, Subdenpom XVI/2-3 Saumlaki dan Satgas Pam Rahwan Yonif 515/UTY.

Setelah itu, Pangdam beserta rombongan melaksanakan peninjauan lokasi pembangunan Satuan Militer dan melaksanakan tatap muka dengan masyarakat Desa Lorulun.

Dalam peninjauan lokasi lahan Batalyon Komposit, Pangdam melihat sket foto udara lokasi lahan Lauran yang telah disiapkan oleh Kodim 1507/Saumlaki, sket rencana pembangunan Site Plan Rai Armed dan Rai Arhanud di Desa Lauran, Peta Maluku khususnya wilayah Maluku Tenggara Barat Saumlaki, dan meninjau lokasi lahan Lauran melalui layar LCD dengan menggunakan Drone.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Pangdam beserta rombongan juga menghadiri jamuan makan malam oleh Pemda MTB yang bertempat di Resto Hotel Beringin Dua Jln. Mathilda Batleyeri, Desa. Sifnana Kec. Tansel Kab. MTB.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres MTB AKBP Raymundhus Andhi Hedianto,S.Ik, Danyonif 734/SNS Mayor Inf Christian Mario Noya, Kasdim 1507/Saumlaki Mayor Inf La Wiriadi S,ST, Pasi Intel lanal Saumlaki Lettu Mar Yuga, Dansub Denpom XVI 2-3/Saumlaki Kapten Cpm Ronnie WB, Ketua MUI MTB H. Tamsil dan Wakil Uskup MTB/MBD RD. Simon Petrus Matruty.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, kunjungannya bersama rombongan ke MTB dalam rangka mengecek dan meninjau lokasi pembangunan Batalyon Komposit, sekaligus melaksanakan Perintah Panglima TNI untuk menyampaikan kepada seluruh anggota TNI agar menjaga Sinergitas TNI/Polri.

Menurut Pangdam, TNI mempunyai rencana strategis untuk menggelar pasukan khususnya di wilayah Maluku dan akan ada pembangunan Pangkalan Batalyon Komposit di Pulau Yamdena dan Pulau Morotai, mengingat daerah tersebut merupakan daerah perbatasan langsung.

"Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Lorulun dan Desa Lauran karena sudah ikhlas bersedia melepaskan tanahnya untuk dibangun pangkalan TNI. Kami berharap kehadiran TNI dapat menciptakan kondisi yang kondusif dalam menjaga wilayah NKRI," katanya.

Assisten Bidang Administrasi Setda MTB, R. Matatula, dalam sambutannya mengatakan Pemda dan masyarakat setempat menyambut Pangdam XVI/Pattimura bersama rombongan dengan rasa gembira karena sudah berkunjung di MTB, kabupaten paling selatan dan terluar dari wilayah Maluku, dan merupakan daerah kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 126 pulau, jumlah penduduk 122.337 jiwa dengan lima bahasa daerah.

Secara administrasi, Kabupaten MTB terdiri dari 10 Kecamatan, 80 Desa 1 Kelurahan.

"Kami harapkan kedatangan Pangdam XVI/Pattimura bersama rombongan dapat membantu Pemda mewujudkan MTB yang sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri", Ujar Matatula.

Dari Saumlaki, Pangdam bersama rombongan dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Pulau Selaru.
TNI-Polri 9032689433444026160
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks