Pemkot Ambon Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ambon Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota Ambon melaksanakan seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama guna mengisi posisi yang masih dijabat pelaksana tugas.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Senin (12/2/2018), mengatakan seleksi untuk mengisi kekosongan jabatan 12 pimpinan tinggi pratama yang saat ini masih dijabat pelaksana tugas, di antaranya Badan Pengelola Pajak dan Retribusi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Kesehatan, Perhubungan, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Seleksi terbuka di baru pertama kali dilaksanakan Pemerintah Kota Ambon bagi pejabat tinggi pratama, khususnya eselon II B, yang dilaksanakan 12 -14 Februari 2018.

Sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemkot Ambon merasa perlu melaksanakan seleksi terbuka, bagi pejabat yang memenuhi syarat serta berhak untuk mengikuti seleksi.

"Seleksi juga dilakukan terbuka bukan hanya pejabat lingkup pemkot tetapi juga Pemerintah Provinsi Maluku, karena proses ini untuk mencari pejabat yang memiliki kualitas dan semangat yang tinggi guna mendukung perubahan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Seleksi terbuka juga untuk menjamin objektivitas keadilan, transparansi, dan akuntabilitas. Jika nanti ada pejabat yang lulus seleksi harus mampu melaksanakan apa yang menjadi visi dan misi Pemkot Ambon.

"Pejabat tinggi pratama mempunyai peranan penting dan strategis dalam struktir organisasi pemerintah, karena bukan hanya menjembatani atau mengoperasikan kebijakan dan program yang telah ditetapkan, tetapi harus mempu mencerna, mengelola, dan merealisasikan program prioritas," katanya.

Richard mengakui seleksi terbuka dilakuan enam orang tim asesor dari Kementerian Dalam Negeri, sedangkan metode yang digunakan yakni tes psikologi kepribadian, kepemimpinan, "leadership group discusion", wawancara kompetensi, serta analisa kasus.

"Saya berharap seleksi ini dapat menggali potensi para calon pejabat melalui observasi latar serta menyesuaikan tuntutan situasi di lingkup penugasan," katanya.

Dia mengatakan proses tersebut dilakukan setelah pengumuman pendaftaran seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama oleh panitia seleksi terbuka Pemerintah Kota Ambon, berdasarkan rekomendasi tertulis Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-131/KASN/I/2018.

"Hasil tersebut sebanyak 45 pejabat mengikuti seleksi yang terdiri dari golongan IV B 22 orang dan IV A 23 orang," kata Richard.

Ambon 5891197713910981039

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang