Kodam Pattimura Sosialisasi dan Pelatihan Program Bios 44 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kodam Pattimura Sosialisasi dan Pelatihan Program Bios 44

BERITA MALUKU. Kodam XVI/Pattimura melaksanakan sosialisasi dan Pelatihan Program Bios 44, gabungan mikroorganisme yang mampu memproduksi endospore yang tahan terhadap lingkungan seperti panas, asam, dan garam.

Sosialisasi Bios 44 ini dilakukan oleh Tim Agen Hayati Mempercepat Pembusukan Material Organik Lahan Gambut dipimpin Kolonel Inf Kunto Arif Wibowo yang juga Danrem 004/Garuda Dempo Kodam II/Sriwijaya, Sumatera Selatan, di Ambon, Rabu (10/1/2018).

Sosialisasi dihadiri Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, Pejabat SKPD Pemprov Maluku, pejabat dari Universitas Pattimura Ambon, IAIN Ambon, Universitas Darusalam, Universitas Kristen Indonesia Maluku dan STAKPN serta sejumlah tamu undangan lain.

Sedangkan peserta sosialisasi berasal dari Prajurit TNI Kodam XVI/Pattimura.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dalam sambutannya menyambut baik sosialisasi yang dilakukan, karena dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, perikanan, perkebunan, dan peternakan.

Selain itu, dapat juga menetralisir limbah serta menyuburkan lahan bekas tambang.

"Saya menyambut baik kedatangan Tim Sosialisasi Program Bios 44 kepada personel Kodam XVI/Pattimura dan Masyarakat Maluku," kata Pangdam.

Menurut dia, sosialisasi Program Bios 44 sebagai momentum untuk mengetahui materi yang disampaikan dan menjadi pembekalan untuk meningkatkan produksi pertanian dan beberapa fungsi lainnya.

"Bios 44 dapat menyuburkan tanaman, hewan piaraan dan ikan. Kita akan uji coba, kalau berhasil mudah-mudahan tidak menggunakan pupuk kimia lagi," ujarnya.

Pangdam Suko mengatakan, pihaknya akan melakukan uji coba di lingkup yang kecil, seperti di satuan-satuan. Kalau sudah benar-benar yakin berhasil dalam waktu enam bulan, Bios 44 disebarkan secara gratis, tidak dijualbelikan.

"Karena itu, ikuti sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh dalam semangat yang disiplin serta rasa tanggungjawab yang tinggi, guna mencapai tujuan dan sasaran secara efektif dan efesien," katanya.
TNI-Polri 8429464651524785590

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang