166 Mahasiswa Poltekes Masohi Terima Pelatihan Evakuasi Medis Laut di Lantamal IX | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

166 Mahasiswa Poltekes Masohi Terima Pelatihan Evakuasi Medis Laut di Lantamal IX

BERITA MALUKU. Sebanyak 166 Mahasiswa D3 Keperawatan Poltekes Masohi menerima pelatihan Evakuasi Medis Laut (EML) di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon, Kamis, (25/01/2018).

Tujuan dilaksanakan pembelajaran ini adalah untuk menyelamatkan korban tenggelam di laut, dimana perlu diadakan tindakan pemindahan (evakuasi) ke tempat yang lebih aman dari zona berbahaya, agar korban mendapatkan perawatan dan pengorbanan awal maupun lebih lanjut.

Dalam sambutan Kabag Klinik Dr. F.X. Soehardjo Mayor Laut (KH) Roni Juliandri mewakili Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Karumkital) dr. F.X. Suhardjo LantamaL IX LEtkol Laut (K) Ali Setiawan, Sp.B, menyampaikan bahwa kegiatan latihan evakuasi medis laut di perairan Teluk Dalam Ambon yang dilaksanakan di belakang Gedung Fasharkan Ambon, seluruh peserta harus memperhatikan keselamatan individu dalam melaksanakan praktek Evakuasi Medis Laut, tentunya dengan Disiplin lapangan yang tinggi.

"Diharapkan dalam setiap pelatihan yang diberikan seluruh peserta dapat menyerap ilmunya dan melaksanakanya dimanapun dan kapanpun," ungkapnya.

Sebelum melaksanakan praktek mahasiswa dijelaskan tentang peralatan yang digunakan untuk evakuasi korban di tengah laut dan penjelasan materi evakuasi medis laut. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara perorangan dan secara kelompok/tim dengan didampingi oleh instruktur handal Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX.

Diharapkan kegiatan ini dapat membantu memujudkan dan membangun Maluku yang berbasis kemaritiman, dimana Rumkital dr.F.X. Suhardjo Lantamal IX yang mempunyai keunggulan yakni memiliki Chamber Hyperbarik untuk penanganan korban korban kecelakaan di laut, kecelakaan penyelaman dan penyakit klinis. (DISPEN LANTAMAL IX)

TNI-Polri 2221629557810673299
Beranda item

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang