Pemprov Maluku Fasilitasi Mudik Natal Gratis | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pemprov Maluku Fasilitasi Mudik Natal Gratis

Ilustrasi
BERITA MALUKU. Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku mengfasilitasi mudik gratis bagi masyarakat beragama Kristen yang ke kampung halaman untuk merayakan Natal bersama keluarga menjelang 25 Desember 2017.

Kadis Perhubungan Maluku, Frans Johanis Papilaya, di Ambon, Rabu (13/12/2017) mengatakan, mudik gratis dilaksanakan pada beberapa tahun terakhir ini, baik menjelang perayaan Natal maupun Idul Fitri.

"Jadi sedang dikoordinasikan dengan PT.ASDP untuk mengoperasikan kapal motor penyeberangan (KMP) dengan tujuan pulau Seram maupun pulau Saparua," ujarnya.

KMP melayani trayek Hunimua, desa Liang, pulau Ambon - Waipirit, pulau Seram. Sedangkan trayek desa Waai, pulau Ambon - Kulur, pulau Saparua.

Frans mengemukakan, pihaknya berkoordinasi juga dengan PT.Pelni untuk melayani para penumpang, baik di wilayah Maluku maupun daerah lainnya di Tanah Air.

"Memang ada tiga kapal yang sedang menjalani doking. Namun, diusahakan sebelum 25 Desember 2017 sudah bisa dioperasikan," katanya.

Sebanyak sembilan unit kapal perintis juga disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi lonjakan penumpang.

Dishub Maluku juga berkoordinasi dengan BMKG Stasiun Pattimura Ambon untuk mengetahui kondisi cuaca guna disosialisasikan kepada masyarakat.

"Kami juga membentuk pos di setiap pelabuhan, terminal maupun bandara untuk membantu masyarakat yang membutuhkan jasa pelayanan transportasi," tandas Frans.

Sebelumnya, Gubernur Maluku, Said Assagaff mengarahkan agar mudik gratis diintensifkan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Saya menginginkan pada 2018 mudik gratis diarahkan juga ke kabupaten perbatasan yakni Maluku Barat Daya (MBD), Maluku Tenggara Barat (MTB), Kepulauan Aru, wilayah Seram Bagian Timur (SBT) dan Buru Selatan," tegasnya.
Perhubungan 4526415418960678777
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks