Kodam Pattimura Gelar Penghijauan di Desa Hatu | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Kodam Pattimura Gelar Penghijauan di Desa Hatu

BERITA MALUKU. Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2017, Kodam XVI/Pattimura mengadakan penghijauan lingkungan di Puncak Sion, Desa Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Maluku Tengah, dipimpin Komandan Kodim (Dandim) 1504/Ambon, Letkol Inf Roynald Sumendap, dengan tema “Manunggal Dengan Rakyat TNI Kuat."

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleuri dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Karya Bhakti dan Bakti sosial ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hari Juang Kartika 2017 yang telah diselenggarakan oleh Kodam XVI/Pattimura.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa kunjungan Kasdam dan rombongan untuk penghijauan di Desa Hatuagar ekosistem hutan tetap terjaga, karena sebagain besar kerusakan hutan yang terjadi adalah atas ulah penebangan hutan secara liar dan tidak melakukan penanaman kembali sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan.

“Kodam XVI/Pattimura telah mempelopori penghijauan dalam bentuk penanaman pohon, semuanya bertujuan untuk menjadi contoh kepada masyarakat agar timbul kesadaran untuk menjaga dan memlihara kelestarian lingkungan hidup. Melaui kegiatan penghijauan ini kiranya dapat memotivasi masyarakat untuk menanam pohon dan melestarikan lingkungan sekitar,” harap Marlatu.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono dalam sambutannya mengatakan, penanaman pohon secara serentak di wilayah Kodam XVI/Pattimura adalah dalam rangka memperingati hari lahirnya TNI-AD (Hari Juang Kartika 2017).

Adapun rangkaian kegiatan dari HJK tahun 2017 meliputi, Lomba lari Marathon 10 KM, Pengobatan masal yang dilaksanakan di Ternate, Penanaman Pohon, Donor Darah dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya dalam rangka menyongsong Hari Juang Kartika ke-72 yang akan diperingati pada tanggal 15 Desember 2017.

“Kegiatan HJK sengaja diadakan dalam bentuk sosial karena TNI-AD lahir beserta masyarakat,” tutur Kasdam.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan dari penghijuan adalah untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah Maluku seperti pada jaman dahulu yang sudah punah, memang dalam jangka waktu 1 tahun ini belum bisa memetik hasilnya akan tetapi untuk anak cucu kita yang akan datang.

Kodam XVI/Pattimura mampu mengembangbiakkan tanaman Torem melalui anggota Kodim 1507/Saumlaki.

Ditambahkan, program-program yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah Maluku Tengah, harus kita dukung khusunya penanaman dan pembibitan pohon rempah-rempah. Emas Hijau dan Emas Biru Kodam XVI/Ptimura tetap kita pertahankan dan kita lestarikan bersama. Kita aama-sama mensukseskan program-program yang sudah dicanangkan dari Pemerintah Daerah.

Adapun jenis-jenis bibit pohon buah yang ditanam antara lain, Mangga 130 pohon, Durian 90 pohon, Nangka 26 pohon, Rambutan 12 pohon, Sukun 5 pohon, Duku 5 pohon, Cengkeh 600 pohon dan Pala 200 pohon.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Bibit tanaman secara simbolis dari Kasdam XVI/Ptm, Wakil Bupati Maluku Tengah, Danrem 151/Bny, PA LO AU Kodam XVI/Ptm dan Kapolres P. Ambon kepada Bpk. Enos Tehupiori ( pemilik lahan ) dan 5 orang perwakilan dari masyarakat Desa Hatu, dan penyerahan sembako oleh Kasdam XVI/Ptm, Wakil Bupati Maluku Tengah, Danrem 151/Bny, PA LO AU Kodam XVI/Ptm dan Kapolres P. Ambon kepada 5 orang perwakilan dari masyarakat Desa Hatu serta penanaman pohon secara simbolis oleh Kasdam XVI/Ptm dan diikuti oleh tamu undangan beserta dengan masyarakat dan siswa-siswi SMP Hatu.
TNI-Polri 745092234739328858
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks