87 Siswa SMK Pertanian Ambon Dapat Bantuan Dana PIP | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

87 Siswa SMK Pertanian Ambon Dapat Bantuan Dana PIP

Nik Yohanes
BERITA MALUKU. Sebanyak 87 siswa dari total 386 siswa yang mengenyam pendidikan di SMK Pertanian Pembangunan, Desa Passo, Ambon, mendapatkan bantuan Pemerintah pusat melalui dana Program Indonesia Pintar (PIP).

"Dana PIP dijatahkan kepada setiap siswa sebesar Rp500 ribu, diperuntukkan khusus bagi mereka yang kurang mampu untuk menunjang proses pendidikan,  siswa lainnya akan menyusul, sebab masih menunggu proses kelengkapan administratif," kata Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Pertanian Pembangunan Ambon, Nik Yohanes kepada Berita Maluku Online di ruang kerjanya, Selasa (5/12/2017).

Yohanes menjelaskan, setelah dana PIP ini dicairkan, tak serta merta langsung diberikan secara tunai ke tangan masing-masing siswa untuk dibawa pulang ke rumah, melainkan dana ini ditempatkan dalam buku rekening pribadi milik masing-masing siswa di bank. Selanjutnya buku-buku rekening bank milik siswa tersebut dipegang oleh masing-masing wali kelas. Dan, apabila siswa bersangkutan memerlukan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan studinya, barulah dana itu bisa dikeluarkan.

"Contohnya seperti membiayai kegiatan Praktek Kerja Industry (Parkerin) atau tugas-tugas kesiswaan lainnya di sekolah," ungkapnya.

Menurut Yohanes, kebijakan ini diambil pihaknya lantaran para siswa yang bersekolah di SMK Pertanian Pembangunan Ambon sebagian besar merupakan anak-anak yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu sehingga cara ini ditempuh. Tentunya hal ini bukan didasari alasan subjektif sebab sudah dibicarakan bersama dengan pihak komite sekolah serta para orang tua murid dan dewan guru.

“Kita takutkan uang yang diberikan ke tangan siswa, bisa aja mereka bawa pulang untuk beli hal-hal yang bukan untuk kebutuhan sekolahnya, seperti membeli sembako dan hal lain. Kan kita tahu dana ini hanya dikhususkan untuk biaya kebutuhan pendidikan anak-anak, bukan untuk kebutuhan yang lainnya,” tandas Yohanes.

Kepsek murah senyum ini menepis sejumlah tudingan sepihak oknum tertentu yang dialamatkan ke dirinya bahwa tindakan untuk menyimpan dana milik siswa merupakan hal yang patut dipertanyakan.

“Yang jelas kita lakukan sesuatu itu semuanya ikut aturan. Dan uang untuk siswa itu saya tak berani pegang. Segala hal itu, sebelumnya kita bicarakan dengan pihak komite sekolah dan dewan guru,” tandas Kepsek Yohanes yang mengepalai 70 anggota dewan guru di lembaga pendidikan tersebut. 
Pendidikan 2588480224236105610
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks