Dinsos Bursel Salurkan PKH Kepada 2003 KPM | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dinsos Bursel Salurkan PKH Kepada 2003 KPM

BERITA MALUKU. Direncanakan hari Selasa besok (3/10/2017), Dinas Sosial Kabupaten Buru Selatan (Bursel) bersama pihak Bank Mandiri menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 2003 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran ini akan dilakukan secara simbolis berlangsung di Kantor Bupati.

“Direncanakan besok pihak bank Mandiri datang menyalurkan bantuan PKH,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Sosial, Rivai Bantam kepada wartawan di Kantor Bupati usai mengikuti upacara peringati Hari Kesaktian Pancasila, Senin (2/7/2017).

Kata Bantam, penyaluran akan dilakukan secara simbolis dan berlangsung di Kantor Bupati atau di kantor Desa Waenono.

“Penyerahan secara simbolis oleh Bupati atau wakil bupati. Kalau tidak ada maka akan diserahkan secara simbolis oleh Sekda Syharoel Pawa,” sebut Bantam.

Dikatakan, setelah penyerahan secara simbolis selanjutnya oleh pihak Bank Mandiri dibantu oleh tenaga pendamping dari Dinas Sosial membagikan PKH ke semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bursel.

Dirincikan, untuk Kecamatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH sebanyak 203 KPM dengan besar anggaran mencapai Rp61.454.239. PKH Kecamatan Waesama sebanyak 305 yang anggarannya mencapai Rp90.783.272.

KPM untuk Kecamatan Ambalau 391 keluarga, besar penyaluran PKH sebesar Rp116.212.409. Untuk KPM di Kecamatan Leksula jumlah KPM 398 keluarga, dengan jumlah anggaran Rp117.287.427.

KPM Kecamatan Kepala Madan 471 keluarga, jumlah anggaran Rp.141.729.060. Dan Kecamatan Fena Fafan 235 KPM, Rp.72.337.469. Jumlah KPM pada 6 Kecamatan sebut Bantam, sebanyak 2003 KPM PKH.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Rivai Bantam, memintah kepada Bank Mandiri untuk segera menyalurkan bantuan PKH di Kabupaten Bursel.

Dikatakan, ada sebanyak 2003 penerima PKH di Bursel dengan nilai anggaran sebesar Rp3 milyar lebih.

“Untuk penyaluran bantuan PKH itu dengan Bank Mandiri, dari Kementerian kerjasama dengan Bank Mandiri untuk penyaluran,” ujarnya.

Namun menurutnya, di Kabupaten Bursel Bank Mandiri tak ada, sehingga pihaknya menyurati pihak Kementerian melalui Kordinator Wilayah (Korwil) PKH yang ada di Provinsi dan diteruskan ke Kementerian terkait, sampai saat ini belum ditindak lanjut sesuai permintaan pihaknya dari Bank Mandiri ke BRI.

Setelah dikordinasikan ulang oleh Korwil Provinsi Maluku di Kementerian maka itu ditegaskan agar Bank Mandiri segera menyalurkan bantuan PKH.

“Karena itu suda kontrak kerja, maka dalam sehari dua mereka (Bank Mandiri) sudah turun. Rencananya hari Sabtu kemarin, ditunda hari Senin ternyata juga tak ada. Lalu dibilang tunggu sampai mereka datang, mungkin minggu depan,” jelas Bantam.

Diketahui, penyaluran bantuan PKH pada tahun sebelumnya dilakukan oleh pihak Kantor Pos, namun setelah dilakukan pelelangan di Kementerian maka pihak Bank Mandiri yang mendapat penyaluran itu.

“Untuk penyaluran PKH di Provinsi Maluku oleh Bank Mandiri. Di provinsi lain dari bank-bank yang lain juga salah satunya Bank Negara,” ujarnya.

Dikatakan, penyaluran PKH di Bursel sebanyak dua tahap, yaitu triwulan pertama, kedua dan ketiga satu tahap, nanti triwulan keempat tersendiri.

Dana yang nantinya disalurkan sekitar Rp.3 milyar lebih. Dari jumlah penerima manfaat sebanyak 2003 KK yang penerima manfaat.

“Ada beberapa kategori yang masuk dalam penerima program keluarga harapan yakni, ibu hamil, anak sekolah SD/SMP/SMA, instabilitas dan lanjut usia. Mereka itu yang mendapat bantuan PKH,” tandasnya. (LE)
Daerah 754426635237751069

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang