STIE Umel Tual Optimis Ciptakan Lulusan Berkompetensi dan Berdaya Saing | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

STIE Umel Tual Optimis Ciptakan Lulusan Berkompetensi dan Berdaya Saing

Thomas E.V. Rahajaan
BERITA MALUKU. Kualitas sebuah Perguruan Tinggi (PT) diukur dari kemampuan akademik lulusan, kualitas lulusan yang berkompetensi dan memiliki daya saing tinggi sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja, akan membentuk dan meningkatkan persepsi publik terkait kepercayaan PT dalam pelayanan pendidikan.

Wakil Ketua I bidang Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie), Umel Tual, Thomas E.V. Rahajaan, S.Sos, M.AB, Minggu (10/9/2017) mengatakan, STIE Umel sangat optimis, bahwa wisuda yang akan dilaksanakan pada September 2017 ini, akan melahirkan sejumlah lulusan yang memiliki kompetensi dan keahlian, sehingga mampu menghadapi tantangan zaman dengan persaingan dunia kerja yang semakin kuat.

"Kualitas pelayanan kampus baik dari tata pengelolaan akademik, kualitas pengajar maupun fasilitas yang mendukung membuat kampus ini semakin menunjukan progress yang baik sehingga kami yakin dan optimis kampus ini akan terus melahirkan lulusan yang berkualitas," tegasnya.

Rahajaan mengatakan, sebuah PT tidak mungkin mengembangkan diri dan menjanjikan pelayanan pendidikan yang bermutu tanpa pengelolaan yang baik, tata kelola akademik juga menjadi satu penentu keberhasilan pengelolaan sebuah institusi pendidikan tinggi.

"Olehnya itu, jumlah mahasiswa yang semakin meningkat memotivasi Kampus untuk tetap memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan akademik dalam hal tata kelola yang lebih efisien, peningkatan reputasi akademik dan ketersediaan SDM pengajar yang sesuai dengan keahlian karena sangat berperan penting terhadap mutu dan akreditasi kampus," jelasnya.

Lanjutnya, kondisi saat ini dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, bekal kompetensi yang diberikan kepada mahasiswa tidak hanya sebatas penyesuain terhadap konsentrasi ilmu yang mereka tempuh, tetapi juga dibekali kompetensinya dengan penguasaan teknologi informasi dan kemampuan menggunakan bahasa Inggris yang baik.

"Mahasiswa tidak hanya dibekali dengan ilmu Ekonomi sesuai study mereka, tetapi juga dibekali dengan penguasaan teknologi informasi dan kemampuan berbahasa Inggris, sebab inilah yang sangat menunjang mereka untuk bisa berdaya saing pada pasar tenaga kerja manapun sebab selembar ijazah tak lagi bermakna tanpa keahlian," ujarnya.

Ia menambahkan, kualitas lulusan juga akan menggambarkan hasil dan kontribusi yang disumbangkan sebuah Perguruan Tinggi terhadap perkembangan daerah, sebab salah satu peran PT adalah berkontribusi dalam mendidik generasi bangsa, sehingga untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berkembang keberadaan kampus sebagai dapur pencetak SDM yang berkualitas akan terus menunjang perkembangan daerah untuk bisa bersaing dengan daerah-daerah lain.
Pendidikan 1264422266818381440

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang